Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamendag Jamin Sepekan Lagi Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Rp 14.000

Kompas.com - 22/01/2022, 22:56 WIB
Irwan Nugraha,
Andi Hartik

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga menjamin harga minyak goreng di semua pasar tradisional akan merata Rp 14.000 dalam sepekan ke depan.

Hal itu setelah harga minyak goreng murah sudah diberlakukan di semua ritel atau pasar modern sesuai arahan Menteri Perdagangan RI.

"Tadi saya sudah cek dan diketahui sudah sebagian turun harga minyak goreng di pasar tradisional. Kita memang beri waktu seminggu ke depan untuk harga minyak goreng di pasar tradisional turun juga sama menjadi Rp 14.000 per liternya," jelas Jerry kepada wartawan usai meresmikan Pasar Pancasila Kota Tasikmalaya, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga: Mendag Janji Pantau Ketat Satu Harga Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

"Saya jamin harga minyak goreng turun. Dengan harga turun minyak akan bisa didapatkan oleh warga," imbuhnya.

Jerry menambahkan, selain harga minyak goreng, harga komoditas sayuran dan kebutuhan pokok lainnya juga mulai turun di pasaran.

"Saya melihat beberapa pasar bersama Pak Wagub Jabar, Pak Wali Kota, di Pasar Pancasila harga mulai normal kembali. Saya juga melihat harga cabai sudah cenderung turun," katanya.

"Ini kita pantau bersama supaya harga terjangkau. Mudah-mudahan stoknya ada dan cukup serta aman dan menjamin ketersediaan bagaimana masyarakat bisa dibeli," tambahnya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk melapor kepada otoritas setempat jika menemukan harga komoditas pangan tertentu tidak wajar, terutama untuk harga minyak goreng.

Baca juga: Daftar Tempat Beli Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter

Menurutnya, penjual yang menjual harga komoditas di atas yang sudah ditentukan, bisa dilaporkan dan diproses hukum sesuai aturan yang berlaku.

"Jika menemukan ada harga yang tak sesuai pasti akan ditindak sesuai aturan," jelasnya.

Nantinya, pengawasan akan dilakukan secara berkala mulai dari pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah daerah. Hal itu supaya pengawas juga ikut diawasi kinerjanya oleh instansi di atasnya.

"Berikan waktu pasti bisa stabil semuanya harga minyak goreng di pasaran baik pasar modern ataupun pasar tradisional," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com