Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Afriana Lolos LPDP Kuliah S2 di Inggris, Personal Statement Hal Terpenting

Kompas.com - 08/03/2022, 13:50 WIB
Reni Susanti,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Afriana Siagian, Mahasiswa S2 Supply Chain and Logistics Management University of Warwick Inggris berbagi tips penting agar lolos mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Saya mendapatkan beasiswa fully funding dari Kementerian Keuangan (LPDP). Itu benar-benar sangat legit dan worth it untuk dikejar," ujar Afriana saat dihubungi Senin (8/3/2022).

Afriana menjelaskan, proses pendaftaran dan tahapan seleksi LPDP ada tiga langkah.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2022 Tahap I, Apa Saja yang Didapat Penerima Beasiswa?

Pertama, screening administrasi, kedua psikotes, ketiga substansi berisi interview dan tes kebangsaan atau pengetahuan tentang kewarganegaraan.

Menurut Afriana, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah bagian personal statement. Sebab, hal itulah yang berpengaruh besar apakah peserta akan diterima atau tidak.

“Jadi, tips dari saya itu harus diperkuat di bagian personal statement. Jadi ketika lulus administrasi, lalu nanti maju ke tahap interview. Itu nanti yang akan banyak digali oleh interviewernya," beber dia.

Sederhananya, peserta akan menggambarkan masa lalu dirinya, apa yang sudah dikerjakan, apa jurusan peserta, apa organisasi yang diambil.

Kemudian apa yang akan dilakukan ke depannya, hal-hal yang ingin dieksplor, kontribusi apa yang diberikan untuk Indonesia sesuai dengan keilmuan.

"Jadi, memang harus sesuai antara masa lalu, masa sekarang, dan masa depan,” jelas Afriana.

Baca juga: Kisah Perjuangan Ilham Nugraha, Anak Sopir Taksi Online Berhasil Kuliah di Universitas Cornell AS

Afriana mengungkapkan, sebelum mengejar gelas masternya, ia tercatat sebagai pekerja perusahaan manufaktur selama 5 tahun.

Hal itu pula yang membuatnya memilih Inggris dan University of Warwick. Ia ingin menggali lebih dalam keilmuan di bidangnya tersebut untuk bisa mewujudkan long term goals.

Di Inggris hanya ada 3 universitas yang punya program spesifik untuk Supply Chain Logistic, salah satunya Warwick. Apalagi Warwick bergabung dalam Russell group university.

“Alasan pertama kenapa di UK karena durasinya nggak seperti di AS atau negara Eropa lainnya yang rata-rata 2 tahun. Kalau di UK itu kita hanya 1 tahun," beber dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com