Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan PJU di Sepanjang Jalur Mudik Karawang Rusak, Perbaikan Hanya Bisa 60 Persennya

Kompas.com - 13/04/2022, 20:35 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bakal segera memperbaiki penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalur mudik.

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Karawang, Dikhy Prayoga mengungkapkan, ratusan PJU di sepanjang jalur mudik rusak. Mulai dari jalur arteri maupun jalur alternatif.

"Dari survei tim di lapangan ada ratusan PJU yang rusak di arteri pantura, ataupun jalur alternatif di Cilamaya-Cikalong, Kalimalang ataupun di Curug Kosambi," kata Dikhy di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Kamis (13/4/2022).

Baca juga: Cara Mudik dari Jakarta ke Palembang Menggunakan Kendaraan Pribadi dan Bus serta Biayanya

Dikhy menjelaskan, kerusakan PJU itu tidak semua dari lampu. Melainkan ada komponen-komponen lainnya yang membuat lampu tidak menyala.

Untuk perbaikannya, segera dilakukan dengan mengerahkan sembilan personil dan tiga unit mobil sky lift.

Meski begitu, perbaikan lampu PJU tersebut tidak bisa dilakukan seluruhnya dari total kerusakan yang mencapai ratusan. Sebab ketersediaan anggaran perbaikan lampu PJU terbatas.

"Engga semuanya juga diperbaiki, karena kita hanya ada anggaran untuk 350 lampu saja. Itu untuk selama satu tahun, ya minimal 60-70 persennya diperbaiki," ungkapnya.

Baca juga: Demi Keselamatan, Warga Buleleng yang Berencana Mudik Diminta Segera Vaksin

Di samping itu, Dinas Perhubungan Karawang juga tengah sedang berkoodinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk meminta bantuan perbaikan PJU, khususnya di jalan nasional yang biasa digunakan jalur mudik.

"Yang jalan nasional kita telah meminta untuk diperbaiki pihak Kementerian Perhubungan. Jadi kami fokus perbaikan lampu di jalur-jalur alternatif saja," ungkap Dikhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com