Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Mulai Terlihat, Ada Peningkatan Jumlah Kendaraan yang Masuk Tol Cileunyi

Kompas.com - 06/05/2022, 20:12 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pada H+4 atau Jumat (6/5/2022) arus balik di kawasan Timur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mulai terlihat. Pantauan Kompas.com arus balik dari arah Timur menuju arah Barat mulai terlihat pada pukul 16.30 WIB.

Pada pagi hari arus lalu lintas yang mengarah ke Barat masih ramai lancar. Sementara sore harinya, kendaraan roda empat dan dua  mulai berdatang, baik yang melaju ke arah Tol Cileunyi atau yang mengarah ke jalur arteri menuju Kota Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo membenarkan terjadi peningkatan arus balik dari arah Timur ke Barat.

"Betul, pada hari ini kita melihat ada peningkatan kendaraan, khususnya dari arah Timur ke Barat. Sebaliknya Barat ke Timur ini mengalami penurunan," kata dia ditemui di Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Puluhan Pengendara Motor Masuk Tol Cileunyi, Polisi: Diduga akibat Kelelahan

Data yang dihimpun, tercatat sebanyak 41.000 kendaraan yang masuk ke Tol Cileunyi menuju arah Jakarta dan sekitarnya. Angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak berlangsungnya mudik Lebaran 2022.

"Kami melihat bahwa yang keluar Tol Cileunyi mengalami penurunan. Namun yang masuk, ini kemarin tertinggi, ada 41.000," ujarnya.

Tak hanya di wilayah Cileunyi, angka tertinggi juga tercatat di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung. Dari data yang diperolehnya, sebanyak 115.000 kendaraan melintas di kawasan tersebut.

"Tercatat, sebelum Lebaran dari Timur ke Barat itu hanya 35.000 sampai 40.000 kendaraan yang melintas. Namun setelah lebaran meningkat menjadi 115.000. Itu angka tertinggi," tuturnya.

Peningkatan tersebut, kata dia, terjadi sejak H+1 atau Selasa (3/5/2022). Pihaknya memprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai hari ini H+4 sampai H+5.

"Kendaraan yang mendominasi seimbang, roda dua dan empat berdatangan dari arah Timur ke Barat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com