Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Hari Keempat Eril, Tim SAR Gunakan Drone hingga Libatkan Penyelam

Kompas.com - 30/05/2022, 11:51 WIB
Dendi Ramdhani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang terseret Sungai Aare, Bern, Swiss masih terus dilakukan.

Proses pencarian sudah memasuki hari kelima sejak Eril dinyatakan hilang pada Kamis (26/5/2022).

Elpi Nazmuzaman, juru bicara keluarga Ridwan Kamil mengabarkan progres pencarian Eril dihari keempat, Minggu (29/5/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi Hubungi Ridwan Kamil untuk Beri Dukungan Moral

"Perkembangan hari keempat. Jadi hari keempat ini proses pencarian menggunakan boat. Rutenya dilakukan secara zigzag dan satu boat diisi tiga orang, satu pengendali boat, dua menggunakan teropong yang bisa melihat kedalaman," ungkap Elpi.

Selain itu, otoritas setempat juga melibatkan para penyelam untuk memeriksa kondisi dasar sungai.

"Selain boat, kami mendapat foto, video, dan laporan ada beberapa divers yang sudah turun di bawah permukaan air dan petugas juga menggunakan drone yang terbangnya rendah," tambahnya.

Dalam pencarian hari keempat, Ridwan Kamil bersama pihak KBRI juga turut serta ikut melakukan pencarian bersama petugas.

"Dalam hal ini pihak otoritas Swiss kepada KBRI berkoordinasi diperkenankan melihat dari jarak dekat dan ada dari pihak KBRI yang turut serta dan bisa berkomunikasi lebih intens," katanya.

Baca juga: Mendagri Keluarkan Izin Dinas Luar Negeri untuk Ridwan Kamil

Elpi menambahkan, otoritas setempat juga sangat terbuka terhadap masukan dari pihak keluarga selama proses pencarian dilakukan.

"Seperti biasa di sesi terakhir pihak kepolisian melakukan koordinasi menyampaikan progres dan evaluasi. Dan evaluasi ini mereka sangat terbuka menerima masukan dari pihak keluarga termasuk saran dari Kang Emil, titik-titik ataupun metode yang memungkinkan untuk dioptimalkan," paparnya.

Namun, kata Elpi, upaya yang dilakukan hingga hari keempat belum membuahkan hasil.

"Namun dari sisi hasil masih sama dari kemarin. Kita masih berharap Allah memberi hasil yang diharapkan keluarga. Itu situasi hari keempat dan berlanjut hari ini," jelasnya.(K106-15)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com