Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rumah dan Sekolah di Sumedang Rusak Diterjang Puting Beliung

Kompas.com - 06/06/2022, 11:01 WIB
Aam Aminullah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Angin puting beliung menerjang wilayah Desa Cikurubuk, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Akibat terjangan angin puting beliung tersebut, sejumlah pohon tumbang, tiga rumah warga dan tiga ruang kelas di SDN Cikuburuk rusak.

Mantri Polisi (MP) Kecamatan Buahdua Lalan Surachman mengatakan, kerusakan terparah dari terjangan angin puting beliung tersebut adalah rusaknya tiga ruang kelas di SDN Cikurubuk.

Baca juga: Sejumlah Daerah di Bangka Belitung Terdampak Angin Puting Beliung, Masyarakat Diminta Waspada

"Angin puting beliung merusak 3 lokal bangunan kelas SDN Cikurubuk. Pagi ini (Senin), sudah ada dari Dinas Pendidikan Sumedang mengecek ke lokasi untuk segera diperbaiki. Karena memang kerusakannya butuh perbaikan segera agar tidak menghambat jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah ini," ujar Lalan kepada Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Lalan menuturkan, selain bangunan sekolah, tiga unit rumah mengalami kerusakan cukup parah, terutama pada bagian atap rumah.

"Ada tiga rumah yang rusak parah, yang lainnya hanya kerusakan ringan," tutur Lalan.

Lalan menyebutkan, sejumlah pohon di sepanjang jalan Desa Cikurubuk juga tumbang akibat puting beliung yang disertai hujan deras tersebut.

"Pohon tumbang sempat menghambat arus lalu lintas, namun begitu, alhamdulillah tidak ada korban jiwa," sebut Lalan.

Baca juga: Kapal Diterjang Puting Beliung dan Sempat Terombang-ambing di Lautan Selama 8 Jam, Dua Nelayan Ditemukan Selamat

Lalan menambahkan, pihak desa dan kecamatan telah melakukan pendataan dan tindakan rehabilitasi pasca-kejadian.

"Kami mengimbau kepada warga ke depan lebih waspada karena potensi terjadinya angin puting beliung dan bencana alam lainnya cukup besar di musim penghujan seperti sekarang ini," kata Lalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com