Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemlu: Ada Progres Pencarian Eril, tapi Masih Menunggu Konfirmasi Kepolisian Bern

Kompas.com - 09/06/2022, 17:50 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha membenarkan ada perkembangan dalam pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Seperti diketahui, Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hilang sangat sedang berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. 

Baca juga: UPDATE: Kemlu Sebut Ada Perkembangan Pencarian Eril, Ridwan Kamil Terbang ke Swiss

Namun, Judha belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait perkembangan yang dimaksud, karena masih menunggu konfirmasi dan informasi detail dari pihak kepolisian Swiss.

Baca juga: Ridwan Kamil Ajukan Cuti 11 Hari untuk Terbang ke Swiss, Kemendagri: Alasan Kedukaan

“Terkait progres penemuan Eril di Bern, dapat kami sampaikan memang ada progres. Namun, masih menunggu konfirmasi detail terkait hal ini dari kepolisian Bern,” kata Judha pada press briefing yang diselenggarakan Kemlu RI, Kamis (9/6/2022), dikutip dari Tribun Jabar.

Judha memastikan Kemlu RI atau KBRI Bern akan memberikan pernyataan dalam konferensi pers lebih lanjut terkait kemajuan pencarian putra sulung Ridwan Kamil tersebut.

“Jika telah mendapat informasi resmi, akan kami sampaikan khusus, rencananya dari KBRI Bern akan adakan sesi press briefing khusus terkait hal ini,” kata Judha.

Sementara, Ridwan Kamil telah mengajukan cuti selama 11 hari untuk bertolak ke Swiss.

Pengajuan cuti sudah diterima oleh Kementerian Dalam Negeri dengan alasan kedukaan keluarga.

"Betul. Kemendagri sudah menerima surat permohonan izin cuti dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pak Gubernur mengajukan cuti mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022," ujar Kapuspen Kemendagri Benni Irwan saat dikonfirmasi, Kamis (9/6/2022), dikutip dari Sonora.

Sebelumnya diberitakan, anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Eril hanyut terseret arus saat mencoba keluar dari sungai tersebut.

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Eril telah meninggal dunia. Namun, pencarian masih akan terus dilakukan hingga Eril ditemukan.

Diketahui Eril ditemani ibu dan adiknya datang ke Swiss untuk mencari beasiswa S-2.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul: BREAKING NEWS Berhembus Kabar Emmeril Kahn Ditemukan, Kemenlu Sebut Ada Progres, Tunggu Konfirmasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com