Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenang Sosok Eril Anak Ridwan Kamil, Pengurus Panti: Saya Kira Staf Gubernur

Kompas.com - 14/06/2022, 20:28 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Doa untuk Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) masih terus mengalir sampai sekarang. Seperti yang dilakukan anak-anak panti asuhan Roudotul Amanah di Kampung Cibungur, Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Selasa (14/6/2022), lantunan shalawat menggema di panti asuhan tersebut. Kesedihan anak-anak tersebut begitu terlihat.

Sebab anak-anak panti memiliki kenangan tak terlupakan bersama almarhum Eril. Yakni saat mereka diajak pergi ke mall untuk membeli baju lebaran pada 2019.

Baca juga: 8.000 Pelayat dan 1.200 Papan Bunga Datang ke Gedung Pakuan Selama Takziah untuk Eril

Kenangan tersebut terpotret dalam sebuah foto. Foto itulah yang selalu dipegang anak-anak tersebut sekarang.

Bahkan saat doa bersama, mereka memegang foto kebersamaan mereka dengan Eril.

Dalam doa bersama itu, setiap anak panti asuhan membawa setangkai bunga yang kemudian ditaruh di hadapan foto mendiang Eril sebagai penghormatan atas kebaikan yang pernah mereka rasakan.

Bahkan, pengasuh panti asuhan Roudotul Amanah, Imas Masitoh (46), tampak tak kuasa menahan air matanya saat mengenang kebaikan Eril yang pernah membahagiakan anak asuhnya itu.

"Anak-anak di sini sedih ketika kakak baik yang mereka kenal (Eril) terkena musibah," ujar Imas saat ditemui di panti asuhan Roudotul Amanah, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Ridwan Kamil: Terima Kasih kepada Masyarakat yang Sudah Mendoakan Eril...

Sejak awal menerima informasi bahwa Eril tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss mereka langsung mendoakan agar Eril ditemukan dalam keadaan selamat, namun nasib berkata lain karena Eril ditemukan meninggal dunia.

"Dari awal tahu ada musibah itu, kami mendoakan yang terbaik berharap beliau (Eril) selamat, tapi qadarullah beliau menjadi kesayangan Allah karena dipanggil pulang," ucap Imas dikutip dari Tribun Jabar, Selasa.

Doa dari sejumlah anak panti asuhan itu terus mengalir hingga Eril dimakamkan, sebab kebaikannya yang sudah memberikan kebahagian hingga saat ini masih melekat di benak mereka.

Baca juga: Eril Telah Berpulang, tapi Kebaikannya Akan Selalu Dikenang…

Meski baru bertemu sekali, anak-anak panti asuhan menilai, mendiang Eril merupakan sosok yang rendah hati dan tidak ada niat ingin menunjukkan bahwa dirinya merupakan anak dari orang nomor satu di Jawa Barat.

"Awalnya saya kira A Eril itu staf gubernur biasa. Waktu itu juga sempat mentraktir anak-anak pakai uangnya sendiri," ucap Imas.

Dengan segala kebaikan yang pernah terlihat oleh anak panti asuhan itu, Imas menilai bahwa almarhum Eri terbukti sebagai pemuda yang sangat peduli kepada anak-anak yatim dan orang yang kurang mampu.

Baca juga: Pidato Ridwan Kamil di Pemakaman Eril: Kehilangan Paling Besar, tapi Seketika Dilimpahi Kasih yang Akbar

Atas hal tersebut, semua kebaikan Eril terhadap semua anak panti asuhan ini akan terus dikenang dan sosoknya diharapkan akan menjadi teladan bagi mereka ketika sudah dewasa nanti.

"Insya Allah segala perjuangan A Eril dalam kebaikan akan dilanjutkan oleh anak-anak di sini yang sedang berjuang jadi penghapal Alquran," kata Imas.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kirim Doa, Anak Panti Asuhan di Bandung Barat Kenang Kebaikan Eril, Sempat Dikira Staf Gubernur,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com