Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulkifli Hasan Lepas Ekspor Tekstil ke 5 Negara

Kompas.com - 13/08/2022, 11:43 WIB
Aam Aminullah,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor tekstil ke lima negara di PT Kewalram yang ada di Jalan Raya Bandung-Garut, Desa Sukadana, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022) pagi.

Mendag menyempatkan untuk melihat proses produksi sebelum melepas kontainer yang mengangkut tekstil berupa benang yang akan diekspor.

Tekstil itu akan dikirim ke Chennai, India; Gdansk, Polandia; Pinang, Malaysia; Tallinn, Estonia; dan Wilhelmshaven, Jerman.

Baca juga: Mendag Musnahkan 5 Kontainer Pakaian Bekas Impor di Karawang

Zulkifli mengatakan, ekspor dagang Indonesia per Juli 2022 mengalami surplus sepanjang sejarah, yaitu 24, 89 miliar dollar.

"Salah satunya ya karena ekspor tekstil ini, jadi ini penting sekali," ujar Zulkifli kepada sejumlah wartawan usai melepas kontainer di PT Kewalram.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan ke Pasar Wates: Jogja Uang Rp 5.000 Laku

Zulkifli menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada bulan Juli 2022 atau pasca-pandemi juga sangat menggembirakan. Yaitu, tumbuh 5, 44 persen.

"Juga karena ekspor tekstil ke berbagai negara dari perusahaan-perusahaan seperti ini," tutur Zulkifli.

Oleh karena itu, kata Zulkifli, Kementerian Perdagangan akan fokus dan terus mendukung perusahaan-perusahaan tekstil di Indonesia dalam mengekspor produk-produknya ke luar negeri.

"Ekspor hari ini, tekstil kita ke lima negara sekaligus, yaitu ke Jerman, Estonia, Polanda, India, dan Malaysia. Ini luar biasa, dan tentunya akan terus kita dukung dengan kebijakan-kebijakan yang pro terhadap pelaku industri seperti ini," sebut Zulkifli.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com