Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumedang Dapat 152.152 Kuota BLT Subsidi Kenaikkan BBM dari Kemensos

Kompas.com - 07/09/2022, 18:37 WIB
Aam Aminullah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mendapatkan kuota bantuan langsung tunai (BLT) sebanyak 152.152 keluarga penerima manfaat (KPM) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Humas PT Pos Sumedang Ali Nakul mengatakan, kuota sebanyak 152.152 KPM tersebut akan disalurkan dalam dua termin (tahap).

Di mana, per termin, tiap KPM akan mendapatkan BLT sebesar Rp 300.000. Dengan rincian Rp 150.000 per bulan untuk 4 bulan ke depan.

Baca juga: BLT BBM Tahap Pertama Cair di Buleleng, 40.000 Warga Tercatat sebagai Penerima

"Kuota dari Kemensos untuk Sumedang itu sebanyak 152.152. Untuk pencairannya kapan, kami masih menunggu instruksi lanjutan dari Kemensos," ujar Ali kepada sejumlah wartawan di kantor Pos Sumedang, Rabu (7/9/2022) siang.

Ali menuturkan, terkait data penerima KPM di Sumedang yang berhak menerima BLT pengalihan subsidi imbas kenaikkan BBM subsidi tersebut menjadi kewenangan pemerintah daerah.

"Data penerimanya itu pemerintah daerah yang menyerahkan ke Kemensos. Kami (Pos) hanya sebagai penyalur BLT saja," tutur Ali.

Ali menyebutkan, untuk waktu penyaluran BLT dan teknis pencairannya seperti apa, PT Pos juga masih menunggu pentunjuk dari Kemensos.

Baca juga: Meski Ada BLT, Bupati Garut Sebut Masyarakat Tidak Siap Harga BBM Naik

"Berkaca dari penyaluran BLT saat pandemi, kami saat ini tengah menyiapkan teknis yang baiknya seperti apa. Jangan sampai penyaluran bantuannya nanti memberatkan masyarakat dan menimbulkan permasalahan juga. Pastinya, nantinya kami melibatkan unsur keamanan agar pelaksanaannya berjalan lancar," kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com