Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan dan Angin Kencang, Atap Gedung SDN Jatimulya V Karawang Roboh

Kompas.com - 09/09/2022, 20:04 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Atap Gedung SDN Jatimulya V, Desa Jatimulya, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat roboh pada Kamis (8/9/2022) sekitar pukul 08.00 WIB.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala SDN Jatimulya V Madhuri mengatakan, atap gedung sekolah roboh dan temboknya retak setelah diterpa hujan dan angin kencang turun selama dua hari.

"Siswa yang sedang belajar selamat karena bangunan yang roboh tidak digunakan untuk belajar mengajar," kata Madhuri saat dihubungi, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: SMK di Karawang Buat Alat Pengusir Burung Bertenaga Surya

Bangunan yang roboh, sambung Madhuri, sudah rusak parah sejak 2020. Pihak sekolah telah mengajukan perbaikan, namun pembangunannya baru dianggarkan 2023. Sekolah sendiri tak bisa berbuat banyak, selain menunggu.

"Pengajuan kami baru akan direalisasikan tahun 2023, jadi kami menunggu. Namun ternyata sekolah keburu roboh sebelum diperbaiki," katanya.

Gedung SDN Jatimulya V diperbaiki pada 2017. Namun pada 2020 nampak rusak. Beberapa kayu penyangga atap nampak keropos dan menyebar ke bagian atap lainnya.

"Sudah terlihat rusak dan keropos sejak 2020 lalu. Kami ajukan perbaikan kepada pemerintah, namun tahun depan baru bisa diperbaiki," beber dia.

Sebelumnya, puluhan siswa SDN Mekarmulya III belajar di lantai lantaran sekolah itu kekurangan kursi.

Baca juga: 31 Nama Warga Karawang Dicatut Parpol, dari Mahasiswa hingga Guru Honorer

 

Dari tujuh ruang kelas, hanya empat yang layak digunakan untuk belajar. Sedangkan tiga ruang lainnya rusak berat. Akhirnya sekolah menggabungkan kelas.

Sebelumnya, Kepala Disdikpora Karawang Asep Junaedi mengatakan, terdapat 468 ruang kelas SD dan 163 bangunan SMP yang rusak. Kerusakannya variatif, dari mulai ringan, sedang, hingga berat.

Asep mengakui masih banyak bangunan ruang kelas sekolah di Karawang yang sudah cukup tua dan perlu direnovasi, agar bangunan tidak membahayakan siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com