Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Gurihnya Bisnis Kecantikan di Bandung...

Kompas.com - 24/09/2022, 05:55 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Keinginan untuk selalu tampil cantik dan menarik membuat klinik kecantikan menjamur.

Hal ini seiring dengan data Badan Pusat Statistik (BPS). Pada triwulan I tahun 2020, kinerja industri kimia, farmasi, dan obat tradisional (termasuk sektor kosmetik) tumbuh 5,59 persen.

Termasuk saat berada di tengah tekanan Covid-19, kelompok manufaktur ini mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap devisa melalui capaian nilai ekspornya yang menembus 317 juta dollar AS atau Rp 4,44 triliun pada semester I-2020. Jumlah ini 15,2 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Puluhan Klinik Kecantikan Tasikmalaya Dirazia, 4.902 Kosmetik Ilegal Berbahan Bahaya Disita

Bahkan Kementerian Kesehatan melansir, pengeluaran warga Indonesia yang berkunjung ke luar negeri untuk merawat diri mencapai Rp 100 triliun setiap tahun.

Potensi ini menjadikan kota-kota besar di Indonesia termasuk Bandung menjadi pasar potensial bisnis kecantikan.

Tak heran jika setiap bulan, selalu ada klinik kecantikan baru yang hadir di Bandung. Terbaru adalah Beaute de Vrou.

Sang pemilik, Tasya Verina sengaja mendirikan perusahaan pertamanya di bidang kecantikan ini di Bandung. Karena dari hasil survei pasar, Bandung terbilang potensial.

Sebab perempuan Bandung terkenal cantik dan peduli akan penampilan. Selain itu, Bandung menjadi tujuan wisata, sehingga klinik ini menyasar para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

"Kami mengusung konsep one stop beauty solution, di sini bisa merawat dari ujung kaki sampai ujung kepala, mulai dari rambut, nail art. Di kliniknya pun ada alat yang mumpuni," ucap Tasya, belum lama ini.

Baca juga: Kuliner Legendaris Bandung Bakmi Pelita 2, Berdiri Sejak 1988, Berikut Keunikan, Harga, dan Alamatnya

Dalam pembuatan produk dan perawatan yang ada di Beaute de Vrou ini, ia juga mengandalkan kualitas mulai dari dokter dan perawat.

Begitupun dengan pabrik skincare yang bertempat di Bandung. Mereka memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin memulai bisnisnya di bidang kesehatan dengan modal yang minim.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tasya Revina Dapat Hadiah Klinik Kecantikan di Bandung, Sebelumnya Viral Biaya Pernikahan Rp 4,5 M

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com