Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Warga di Rancabungur Bogor Rusak Diterjang Hujan Badai, Satu Keluarga Mengungsi

Kompas.com - 21/10/2022, 14:56 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang menyebabkan atap dan pondasi rumah warga rusak di Kampung Moyan, Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Tapi 1 KK terdiri 4 jiwa harus mengungsi di rumah saudaranya di alamat yang sama," kata Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin, melaporkan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (21/10/2022).

Baca juga: Pelaku Penusukan Perempuan di Bogor Berjumlah 2 Orang, Mengaku Petugas Sensus dan Minta KTP

Jalal menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (20/10/2022) sore. Hujan badai itu merusak bagian atap rumah milik Jumardi.

Pada Kamis menjelang petang itu, atap rumahnya diterjang hujan deras disertai angin kencang. Bahkan, pondasi rumahnya nyaris ambruk.

Jumardi yang kala itu sedang santai bersama keluarganya di dalam rumah itu terkejut saat mengetahui atap rumah berantakan. Tak menunggu lama, mereka langsung mengevakuasi diri ke luar.

"Disebabkan hujan yang cukup lama yang disertai angin kencang sehingga mengakibatkan atap dan pondasi rumah retak," kata Jalal.

Akibat kejadian itu, saat ini rumahnya tidak bisa lagi dihuni. Satu keluarga terpaksa diungsikan. Jalal menyebut, rumah korban butuh penanganan lebih lanjut.

"Kita ungsikan karena khawatir apabila angin kencang disertai hujan terjadi lagi. Nanti rumah itu ambruk," beber dia.

Baca juga: Remaja Perempuan Ditusuk Orang Tak Dikenal di Rumahnya di Bogor

Jalal mengimbau warga untuk waspada karena hujan lebat disertai angin kencang diperkirakan bisa terjadi hingga beberapa pekan ke depan.

"Cuaca ekstrem dalam beberapa hari ini terus terjadi karena itu kita terus mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, baik di dalam rumah maupun di luar rumah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com