Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Alam Gaharu Digembok karena Sengketa Lahan, Bupati Bandung Minta KBM Tetap Berlangsung

Kompas.com - 06/11/2022, 16:52 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bupati Bandung Dada Supriatna angkat bicara soal Sekolah Alam Gaharu di Kampung Balesarakan, Jalan Endung, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang digembok secara paksa akibat sengeketa lahan.

Dadang mengaku telah mengintruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) serta Kementrian Agama (Kemenang) Kabupaten Bandung untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan seperti semula.

Dadang mengatakan, sekolah alam Gaharu yang digembok merupakan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau jenjang dasar setara sekolah dasar (SD) pada pendidikan formal di Indonesia dan tsanawiyah atau setara sekolah menengah pertama (SMP) yang pengelolaannya dilakukan Kemenag.

Baca juga: Sengketa Lahan, Sekolah Alam Gaharu di Baleendah Kabupaten Bandung Digembok LSM

"Tadi saya langsung komunikasikan dengan Kemenag. Pada dasarnya saya mendapatkan informasi bahwa lahan tersebut sudah ada putusan kasasi yang dimenangkan oleh Pak Haji Jujun, kalau nggak salah. Karena si LSM Cakra ini adalah kuasa dari pemilik yang sedang bersengketa," ujarnya, Minggu (6/10/2022).

Kendati LSM tersebut telah menjadi kuasa dari yang bersengketa, Dadang mengatakan tidak dibenarkan adanya penggembokan yang membuat aktivitas KBM terhambat.

Selain menganggu aktivitas KBM, tindakan penguasaan lahan secara sepihak itu, kata dia, merupakan tindakan atau upaya melawan hukum.

"Pada dasarnya kalau sudah ada keputusan secara inkrah, saya kira tidak masalah. Itu kan ada dari pengadilan dan termasuk pak kapolres juga, pak dandim, dan instansi terkait ikut melaksanakan eksekusi," terang dia.

Bupati berharap kedua pihak yang sedang bersengketa tersebut melakukan kompromi.

Ia berjanji Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung akan mendorong adanya upaya mediasi dari kedua pihak.

Baca juga: Kemenangan 5 Parpol dalam Sengketa Verifikasi Administrasi atas KPU

"Saya sudah berkoordinasi dengan pak kapolres kemarin, bahwa pak kapolres mengambil langkah memang ini wewenangnya ada masuk pidana atau lainnya. Saya kira pemerintah daerah cukup mendorong yang mana berharap adanya kompromi," sambungnya.

Tak hanya itu, Bupati Bandung berharap kegiatan sekolah di Sekolah Alam Gaharu tetap berlangsung.

"Saya ingin bahwa anak-anak yang ada di sana jangan sampai terganggu. Tentunya untuk urusan persekolahan, saya minta untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tidak ada alasan untuk berhenti sekolah," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com