Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tasikmalaya Diguncang 3 Kali Gempa dalam Sehari, Getarannya Kuat dan Warga Khawatir

Kompas.com - 04/12/2022, 11:26 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Gempa hari ini kembali mengguncang daerah di Jawa Barat. Pada Minggu (4/12/2022) hari ini gempa darat mengguncang Kota Tasikmalaya dengan kekuatan magnitudo 2,9.

Berdasarkan informasi dari Twitter resmi BMKG, @infoBMKG, gempa tersebut berlokasi di 7.37 LS, 108.26 BT atau tenggara Kota Tasikmalaya dengan kedalaman 10 Km.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang ahli seismologi," tulis BMKG.

Baca juga: BMKG: 447 Gempa Bumi Terjadi di Jawa Barat Sepanjang November 2022

Gempa tersebut membuat warga Kota Tasikmalaya kaget. Meski kekuatannya kecil, namun gempa darat ini mengakibatkan getaran yang cukup kuat.

"Getaran gempanya kuat sekitar 4 hingga 5 detik. Warga panik dan keluar rumah," ujar Ogi Fathuzzaman, warga Tasikmalaya kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

Meski kecil, tapi lokal kedalaman 10 km. Warga khawatir dan waswas. Apalagi, beberapa jam lalu telah terjadi gempa di Kota Tasikmalaya dengan skala kecil namun memiliki kedalaman dangkal.

Berdasarkan informasi BMKG yang dibagikan via Twitter @infoBMKG, gempa mengguncang Kota Tasikmalaya sebanyak dua kali.

Gempa pertama terjadi pada pukul 04.34 WIB dengan kekuatan magnitudo 2,9 dan kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di 9 km tenggara Kota Tasikmalaya.

Selang beberapa menit kemudian, gempa kembali mengguncang dengan kekuatan magnitudo 2,8 pada pukul 04.39 WIB dan kedalaman 10 km. Pusat gempa berlokasi di 8 km tenggara Kota Tasikmalaya.

"Khawatir gempa susulan. Meski kecil, tapi dangkal. Warga khawatir seperti di Cianjur," kata Ogi.

Ogi meminta mitigasi bencana Kota Tasikmalaya harus mulai diperhatikan.

"BPBD Kota Tasikmalaya harus selalu siap siaga. Sebab gempa ini tak bisa diprediksi," kata Ogi.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Kabupaten Garut yang merupakan tetangga Tasikmalaya. Gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 6,4 dan berpusat di 52 km barat daya Kabupaten Garut.

Baca juga: Gempa di Garut Sebabkan 5 Bangunan Rusak dan 1 Warga Terluka

Gempa tersebut getarannya terasa di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, akibat gempa di Garut, 5 bangunan rusak dan satu warga terluka. Lima bangunan itu terdiri dari 4 rumah warga dan 1 sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com