Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Contra Flow" Situasional Diterapkan di 4 Titik Tol Cipali Selama Libur Nataru

Kompas.com - 12/12/2022, 17:15 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali bersama kepolisian bakal menerapkan contra flow secara situasional di empat titik Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo mengatakan, pihaknya bersama Polisi Jalan Raya (PJR) Polda Jabar telah melakukan simulasi contra flow menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Simulasi dilakukan mulai kilometer 82 sampai kilometer 89 arah Cirebon Tol Cipali.

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Sejumlah Hotel di DIY Belum Berani Gelar Event Khusus, Ini Penyebabnya

"Astra Tol Cipali menyiapkan empat titik contra flow di setiap u-turn rest area Km 86, Km 102, Km 130, dan Km 164," kata Mulyo dalam keterangannya, Senin (12/12/2022).

Contra flow disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan antrean di masuk rest area. Sebab, diprediksi kenaikan volume lalu lintas sebesar 4,89 persen dibanding arus libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Tentunya hal ini bersifat situasional, menunggu arahan dari rekan-rekan PJR yang memantau kondisi di lapangan. Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen nyata kami dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan," ujarnya.

Baca juga: Bawa Bantuan Gempa Cianjur, Mobil Pikap Ditabrak Bus di Tol Cipali hingga Terguling, 1 Orang Tewas

Mulyo menyebut, arus libur Nataru tahun ini diprediksi dibagi menjadi tiga gelombang kepadatan. Pada tanggal 16 sampai 18 Desember, 22 hingga 25 Desember, dan 29 Desember sampai 2 Januari 2023.

Pihaknya, kata Mulyo, menyiapkan 4.000 rubber cone yang siap digunakan untuk pelaksanaan contra flow.

Kemudian juga memaksimalkan seluruh petugas layanan lalu lintas seperti 15 kendaraan derek, 12 kendaraan patroli, 2 kendaraan rescue, 5 kendaraan ambulance, dan 6 unit PJR.

“Moment arus Nataru tahun ini kami manfaatkan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan dengan melakukan penambahan 4 petugas di rest area," ungkap dia.

Dengan rejuvinasi rest area tipe B di Tol Cipali, pihaknya berharap para pengguna jalan dapat merasakan kenyamanan dan keamanan saat beristirahat di Tol Cipali.

Selain kesiapan trafik, Tol Cipali juga memerhatikan sektor keselamatan dengan memasang sling baja atau wire rope sepanjang 106 kilometer di sepanjang Tol Cipali, baik yang menuju arah Jakarta maupun Cirebon.

Selain itu, dipasang lampu strobo di sepanjang Tol Cipali, marka keselamatan speed reducer berupa marka dragon teeth dan marka chevron di 12 lokasi sepanjang Tol Cipali sebagai rambu peringatan dan imbauan hati-hati dalam berkendara.

Sedangkan dalam aspek informasi, untuk memantau kondisi lalu lintas terkini di Tol Cipali dapat dipantau melalui media social Astra Tol Cipali berupa twitter@astratolcipali dan juga papan informasi VMS (Variabel Message Sign) di sepanjang tol Cipali.

"Petugas Traffic Monitoring Center (TMC) Astra Tol Cipali siaga selama 24 jam untuk membantu pengguna jalan," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com