Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Keunikan Masjid Al Jabbar, Dijuluki "Masjid Apung", Ada 27 Pintu yang Punya Makna Khusus

Kompas.com - 30/12/2022, 17:00 WIB
Reza Kurnia Darmawan

Editor

KOMPAS.com - Masjid Al Jabbar di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), diresmikan pada Jumat (30/12/2022).

Perancang masjid ini ternyata adalah Ridwan Kamil, Gubernur Jabar yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Banyak yang menjuluki masjid ini sebagai "masjid apung". Pasalnya, bangunan masjid berada di tengah danau. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, selain bangunan masjid, ada tiga proyek lainnya yang bakal dikerjakan di area seluas 25,997 hektar.

Proyek kedua adalah membuat museum Rasul dan sejarah Islam di Nusantara. Lantaran masih ada pengerjaan, museum ini direncanakan baru dibuka untuk umum pada 2023.

"Jadi museum tidak akan dibuka pada tanggal 30 Desember, mungkin di Februari 2023 karena masih ada pekerjaan. Ternyata masih belum tuntas masih butuh waktu karena dia pakai digital," ujar pria yang kerap disapa Emil ini, Senin (26/12/2022).

Baca juga: Ungkap Kisah di Balik Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Saya Merinding Masuk ke Sini

Sedangkan, proyek ketiga ialah membuat danau retensi yang sekaligus berfungsi untuk mengendalikan banjir di wilayah Gedebage.

"Proyek ketiga adalah danaunya, danau pengendali banjir Gedebage biar banjirnya terbagi-bagi ke banyak tempat. Jadi bisa dilihat punya fungsi ngendaliin banjir walaupun Gedebage masih banjir. Artinya kan usaha sudah, tapi ternyata belum maksimal salah satu upaya adalah danau retensi sudah beres. Memang masjidnya jadi indah karena seolah mengapung di air," ucapnya.

Danau Masjid Al Jabbar diharapkan bisa menjadi lokasi wisata. Nantinya, terang Emil, akan disediakan perahu bagi pengunjung yang ingin melihat Masjid Al Jabbar dari sudut berbeda.

Adapun proyek keempat adalah taman yang mengelilingi area masjid.

"Ini nanti ada kegiatan ekonomi, di bawah museum, ada tempat bazar di alun-alun, ada foodcourt, ada perahu di kolamnya, mau pre-wedding juga boleh tapi (berbayar) karena harus ada nilai ekonominya supaya masjid ini mandiri. 2-3 tahun masih banyak APBD tapi suatu hari bisa membiayai diri sendiri," ungkapnya.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Masjid Apung Al Jabbar Bandung...

Sejumlah bangunan Masjid Al Jabbar punya filosofi tersendiri

Bagian dalam Masjid Al JabbarKOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI Bagian dalam Masjid Al Jabbar

Emil menuturkan, konsep Masjid Al Jabbar terinspirasi dari rumus matematika.

"Kemudian konsepnya dari rumus matematika. Ada sebuah rumus, matematika identik dengan Aljabar, ilmuan matematika terkenal sedunia namanya Aljabar. Kemudian Aljabar nama Asmaul Husna yang kita tuliskan di mihrab itu artinya agung. Kebetulan juga Aljabar juga singkatan Jawa Barat. Jadi sudah takdirnya namanya berjodoh," tuturnya.

Nilai filosofis juga terkandung pada bagian atap atau kubah yang mana dibangun tanpa tiang penyangga. Hal ini untuk menonjolkan kesan megah sekaligus membuat jemaah tampak kecil saat beribadah kepada Allah.

Baca juga: Daya Tarik Masjid Al-Jabbar yang Habiskan Rp 1 Triliun, Desain hingga Fasilitas

Tak hanya itu, jumlah 27 pintu di Masjid Al Jabbar ternyata juga memiliki makna khusus, yakni menyimbolkan jumlah kabupaten dan kota di Jabar.

"Karena ini masjid Jabar dikonsepkan agar ada pintu atau tempat 27 kota kabupaten. Jadi kalau di-zoom (ornamen) membentuk batik (tiap daerah) yang berbeda, pokoknya pintu Majalengka, Ciamis, Garut sehingga 27 wilayah ini terwakili ke-Jawa Baratan-nya," paparnya.

Usai melihat hasil pengerjaan Masjid Al Jabbar, Emil mengaku kagum. Ia menyebutkan bahwa hasil pengerjaan tersebut melebihi ekspektasi imajinasinya. Emil pun mengaku bahwa rancangan Masjid Al Jabbar adalah proyek tersulit yang pernah ia tangani.

"Makanya pas jadi, melebihi imajinasi saya terus terang. Daripada sketsa lebih keren jadinya, saya juga suka merinding masuk sini karena melihat kemegahan seperti ini. Jadi ini terkompleks, tersulit, terbesar yang Allah takdirkan di saat saya masih hidup dan menjadi pemimpin," jelasnya.

Baca juga: Bakal Diresmikan Akhir Tahun, Kapasitas Masjid Al Jabbar Capai 33.000 Orang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com