Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Kolam di Masjid Al Jabbar Bandung Jadi Tempat Berenang Anak-anak, Begini Kondisinya Usai Peresmian

Kompas.com - 02/01/2023, 20:30 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Bandung ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah setelah diresmikan pada Jumat (30/12/2022) lalu.

Para pengunjung ini datang sebagai ajang berwisata tidak hanya dari sekitar Jawa Barat, namun juga di luar daerah, karena tepat dibuka pada masa libur sekolah.

Tidak hanya itu, heboh di media sosial video kolam di Masjid Al Jabbar sempat menjadi tempat berenang oleh sejumlah anak-anak.

Bahkan sampah berserakan pasca-peresmian dan malam pergantian tahun baru di area Masjid Al Jabbar.

Sejumlah petugas pun disiagakan dan berkeliling untuk memastikan kondisi area masjid bersih dari sampah.

Tidak hanya itu, petugas juga menyisir sampah-sampah di danau retensi sekitar masjid.

Masjid buka hanya 14 jam satu hari

Baca juga: BMKG: 435 Gempa Bumi Guncang Bali Sepanjang 2022

Menindaklanjuti kondisi tersebut, akan dilakukan proses pemeliharaan karpet dan pengaturan waktu bagi warga yang ingin masuk ke dalam aula utama Masjid Al Jabbar.

"Kami mohon maaf atas kondisi ini, semua ini untuk kenyamanan warga dan pengunjung," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono dilansir dari Tribunnews, Senin (2/1/2023).

Menurutnya, ramainya masyarakat yang mengunjungi Masjid Al Jabbar dari sejak peresmian hingga saat ini sangat membanggakan.

"Ini membuktikan Masjid Al Jabbar tak hanya sebagai ikon Jabar, tapi sudah menjadi kebanggaan Indonesia dan kini sudah menjadi wisata religius utama di Kota Bandung," tutur Bambang.

Baca juga: Serahkan Pengelolaan 19 Pasar ke Pemerintah Desa, Bupati Semarang Ingatkan Soal Retribusi

Namun dia menyayangkan, masih banyak pengunjung yang tidak sadar akan kebersihan, dengan diangkutnya 1,9 ton sampah area Masjid Al Jabbar, terutama di seputar danau.

"Area dalam masjid merupakan tempat beribadah sudah seharusnya bersih dan nyaman, jadi mari kita bersama-sama jaga kebersihan, keamanan dan ketertiban," ujar Bambang.

Sebagai informasi proses pemeliharaan karpet mulai dilakukan pada tanggal 2-7 Januari 2023.

Sementara itu, pengaturan waktu pengerjaan pemeliharaan karpet Masjid Raya Al Jabbar adalah pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, kemudian pukul 13.00 sampai 15.00 WIB, dan pukul 22.00 sampai 03.00 WIB.

Hal ini artinya, warga hanya bisa beribadah di dalam masjid pada 03.00-08.00 untuk salat subuh dan duha, pukul 11.00-13.00 untuk salat zuhur, pukul 15.00-22.00 untuk salat ashar, maghrib, dan isya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kolam di Masjid Al Jabbar Bandung Sempat Dipakai Berenang Anak-anak, Hari Ini Masih Ramai Dikunjungi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com