Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Siswa SMPN 1 Ciawi Berdansa Disebut Merusak Bangsa, Plt Bupati: Mereka Anak Kita yang Mengharumkan Bogor

Kompas.com - 18/01/2023, 18:08 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan angkat bicara mengenai video viral 2 siswa SMPN 1 Ciawi, yang jago berdansa tetapi disebut merusak bangsa. Iwan menegaskan, narasi merusak bangsa tidaklah berdasar.

Diketahui, sebuah video memperlihatkan dua siswa laki-laki dan perempuan tengah berdansa, viral di media sosial pada Kamis (5/1/2023). Video siswa SMP yang berdansa tersebut mendapat komentar negatif merusak bangsa.

"Terkait video viral siswa yang dansa di SMP Negeri 2 Ciawi, saya sangat menyayangkan dengan narasi negatif yang beredar. Itu sangat tidak berdasar," ungkap Iwan dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: Dari Bully Jadi Inspirasi, Siswa SMPN 1 Ciawi Atlet Dance Sport Disebut Merusak Bangsa Justru Didukung Agnez Mo

Iwan mengungkapkan, 2 siswa yang terekam video sedang berdansa itu adalah siswa bernama Keysha Aditia dan Devina Anindita.

Kedua siswa ini merupakan atlet cabang olahraga dance sport kategori couple yang meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar 2022.

Menurut Iwan, dua siswa tersebut merupakan atlet kebanggaan yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bogor di Porprov.

"Di 2019 lalu, saya juga turut serta terlibat mendorong agar cabor ini bisa berkembang hingga adanya pendidikan berjenjangnya sebagai bentuk pembinaan," ungkapnya.

Baca juga: Pesan Haru Kepsek SMPN 1 Ciawi Saat Siswa Peraih Medali Emas Dance Sport Disindir Warganet Rusak Bangsa

Atas narasi negatif itu, Iwan mengimbau netizen dari Bogor untuk lebih bijak lagi dalam menyebarkan informasi di media sosial.

Selain itu, masyarakat juga harus selalu mendukung anak-anak berbakat supaya memiliki kepercayaan diri. Jangan sebaliknya, memberi komentar negatif serta menghujat. Sebab, mereka akan sulit lagi untuk berprestasi.

"Narasi-narasi negatif yang tak berdasar itu cukup berbahaya ya. Bisa menimbulkan dampak psikologis. Ini yang repot jika terjadi. Makanya saya meminta masyarakat untuk tidak asal menyebar informasi, periksa dulu kebenarannya. Jangan sampai malah merugikan orang lain," ucap Iwan.

Iwan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bogor sangat berterima kasih kepada semua pihak, termasuk Agnez Mo yang memberi support kepada anak-anak muda berbakat dari SMPN 1 Ciawi tersebut.

Semoga dengan adanya dukungan tersebut, 2 siswa dan siswi ini lebih termotivasi lagi untuk terus berekspresi dan berkarya.

"Saya berterima kasih kepada Agnez Mo yang turut mendukung anak-anak kita untuk terus berekspresi dan menunjukkan prestasinya. Saya berharap dukungan dari banyak pihak yang disampaikan semakin menguatkan anak-anak kita, bukan malah jadi patah semangat. Jadi mari lebih bijak lagi dalam menyebarkan informasi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com