Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Vaksin Covid-19 IndoVac Setelah Produksinya Dihentikan Sementara

Kompas.com - 23/01/2023, 16:57 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bio Farma menghentikan sementara produksi vaksin Covid-19 IndoVac lantaran stok vaksin di Indonesia mencukupi. Bahkan kini belum ada permintaan dari Kementerian Kesehatan.

Lantas bagaimana nasib IndoVac bila pandemi sudah benar-benar dinyatakan berakhir?

"IndoVac dapat menjadi vaksin multistrain. Jadi bukan hanya untuk Covid-19 tapi bisa juga untuk yang lainnya, seperti penyakit flu," ujar Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir, Senin (23/1/2023).

Baca juga: Indovac, Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia, Bakal Didonasikan ke Afrika

Honesti mengungkapkan, sejak awal IndoVac diproyeksikan untuk sistem ketahanan kesehatan nasional. Untuk itu, perlu dibuat vaksin yang multistrain.

Saat ini, vaksin yang dibuat dalam waktu singkat tersebut terus dikembangkan. Salah satunya bisa digunakan untuk anak usia 3-6 tahun.

Sebab selama ini, vaksin Covid-19 lebih diprioritaskan untuk anak di atas usia 7 tahun hingga dewasa. Kebijakan itu diambil berdasarkan pertimbangan panjang.

"Bagaimana IndoVac akan kami kembangkan menjadi vaksin multi strain. Sehingga kalau ada serangan virus baru, kami sudah siap," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com