Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Nyalakan ”Smoke Bomb” di Puncak Gede Pangrango, Pengelola Terjunkan Tim

Kompas.com - 23/02/2023, 20:38 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat, menerjunkan tim untuk menginvestigasi kejadian oknum pendaki yang menyalakan smoke bomb di puncak Gede Pangrango.

Sejauh ini, pihak pengelola masih menelusuri informasi terkait kejadian yang videonya saat ini tengah viral di media sosial tersebut.

“Masih ditelusuri oleh petugas lapangan (lokasi dan identitas pelaku),” kata Humas Balai Besar TNGGP, Agus Deni kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Jumat (23/2/2023) malam.

Baca juga: TNGGP Cari Pendaki yang Nyalakan Smoke Bomb di Puncak Gede Pangrango

Dengan demikian, pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait kejadian tersebut.

“Kita masih menunggu report terbaru dari petugas lapangan untuk memastikan,” ujar Deni.

Sementara itu, Saat dikonfirmasi Kompas.com, pengunggah membagikan pengakuan sejumlah saksi saat sedang mendaki gunung tersebut.

Aksi pria menyalakan smoke bomb terjadi pada Minggu (19/2/2023). Belakangan diketahui aksi itu tidak hanya dilakukan satu pria, namun beberapa oknum.

Mereka menyalakan smoke bomb berkali-kali sehingga mengganggu pendaki yang lain. Alhasil, kepulan asap tebal berwarna hijau itu mengakibatkan polusi di puncak Gunung Gede Pangrango.

"Berkali-kali, (tidak hanya di Puncak) pas di camping area Surya Kencana juga. Selain itu, pelaku juga sepanjang jalan menyalakan music box dengan keras," kata pengunggah saat dikonfirmasi, Kamis.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan seorang pendaki menyalakan smoke bom di antara lalu lalang pendaki lain viral di media sosial Instagram.

Salahsatu akun yang menggunggah video tersebut adalah @infojawabarat.

Berdasarkan petunjuk informasi di unggahan tersebut. Kejadian itu di puncak gunung Gede tanggal 19 Februari 2023.

Baca juga: Viral, Video Pendaki Nyalakan Smoke Bomb di Puncak Gunung Gede Pangrango

Berikut narasi yang diunggah bersama video berdurasi 25 detik itu.

Tolong bantu share dong min kejadian di puncak gunung gede Tanggal 19/02/2023. ada beberapa oknum menyalakan smoke bom mengganggu pendaki yang lain karna asap yang dikeluarkan dari smoke bom nya terlalu banyak yang mengakibatkan polusi di puncak gede pangrango.

Mereka menyalakan smoke bom nya ga sekali tapi berkali kali. tolong bantu share min biar tidak keulang kembali kelakuan2 yang nora seperti itu. Terimakasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com