Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabrakan Beruntun di Padalarang, Bus Gilas Motor dan Tabrak Mobil di Tengah Macet

Kompas.com - 24/02/2023, 22:34 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun melibatkan 7 kendaraan terjadi di Jalan Raya Simpang Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, pada Jumat (24/2/2023) sore.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun seorang pengendara sepeda motor atas nama Jajang (30) warga Kampung Babakan RT 01 RW 08, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat harus dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami luka-luka.

Kanit Laka Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subekti mengatakan, kecelakaan beruntun tersebut melibatkan 1 bus pariwisata, 2 kendaraan roda dua, dan 4 unit mini bus.

Baca juga: Masjid Al Jabbar Ditutup 2 Pekan, Ketua DPRD Kota Bandung: Manfaatkan untuk Penataan

"Kecelakaan itu bermula dari Bus Pariwisata PO Manggala Garuda yang melaju dari arah exit Tol Padalarang. Setibanya di  tempat kejadian, pengemudi bus tidak dapat menguasai laju kendaraanya sehingga bus tersebut menabrak bagian belakang kendaraan yang berada di depannya," ungkap Bayu, Jumat (24/2/2023).

Bus dengan nomor polisi W-7427-UP itu menabrak bagian belakang kendaraan Toyota Avanza dengan nomor polisi A-1359-XU, sepeda motor Honda Beat dengan nomor polisi D-5419-UDX, sepeda motor Honda Beat Street D-2285-UDI, serta kendaraan roda 4 Toyota Avanza D-1202-UA.

Baca juga: 2 Pengamen di Bandung Preteli Motor Curian Untuk Dijual Ke Tukang Rongsok Seharga Rp 500 Ribu

"Kendaraan yang tertabrak kemudian terdorong dan menabrak kendaraan Daihatsu Grandmax dengan nopol B-9996-NCG dan kendaraan Daihatsu Xenia dengan nopol D-1810-XL," beber dia.

Sementara kendaraan Honda Beat dengan nopol D-5419-UDX yang dikendarai Jajang masuk ke bagian bawah bus dan sempat terseret.

"Korban (Jajang) mengalami luka  dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit Kharisma Cimareme untuk menjalani pengobatan," sebutnya.

Terpisah, Tarjuki (40), pengemudi Bus Pariwisata PO Manggala Garuda mengaku dirinya hilang kemudi saat hendak putar balik untuk kembali masuk Tol Padalarang.

"Pas saya mau putar balik, tapi ragu sama bagian atasnya takut kena atap bus jadi saya ambil kiri ke arah Cimahi. Pas di lokasi kejadian remnya ngeblong, saya injak ngeplos aja," kata Juki saat ditemui di lokasi kejadian.

Kendaraan bus yang tak terkendali itu kemudian menabrak Toyota Avanza A-1359-XU sehingga bagian belakang mengalami ringsek sementara bagian depan bus rusak parah.

"Kena dulu pojokan truk, terus nabrak Avanza dan akhirnya beruntun kena kendaraan yang lain," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com