Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depo Plumpang Terbakar, Pertamina Balongan Jamin Pasokan BBM ke Jakarta Lancar

Kompas.com - 05/03/2023, 08:05 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

INDRAMAYU, KOMPAS.com - PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang tetap aman dan lancar.

Kebakaran yang terjadi pada Jumat (3/3/2023), tidak menghambat proses distribusi.

Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balongan Zulkifli menyampaikan, peristiwa kebakaran yang terjadi pada TBBM Plumpang Jakarta Utara, tidak akan memengaruhi kegiatan operasional Kilang Unit VI Balongan.

Baca juga: Mantan Pejabat Senior Pertamina Balongan Dituntut 8 Tahun Penjara Terkait Korupsi Proyek Software

"Kilang tetap beroperasional dengan aman, kami terus mengupayakan terpenuhinya kebutuhan energi nasional, khususnya menjaga agar pasokan BBM ke Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan sekitarnya tetap lancar," ujar Zulkifli dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu malam (4/3/2023).

Zulkifli menegaskan, masyarakat tidak perlu panik akan berkurangnya pasokan BBM khususnya ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pascakejadian.

Pasalnya, Kilang Unit VI Balongan saat ini tetap beroperasi normal dan aman, serta terus berkomitmen memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat dalam negeri.

Baca juga: Depo Plumpang Terbakar, Dirut Pertamina Tegaskan Stok BBM di Jakarta Aman

Kilang Unit VI Balongan, sambung Zulkifli, merupakan kilang dengan kapasitas 150 MBSD yang menyumbang 12,1 persen dari kapasitas seluruh kilang Pertamina di Indonesia.

Area DKI Jakarta dan Jawa Barat sendiri menjadi wilayah utama pendistribusian produk dari Kilang Unit VI Balongan dengan estimasi besaran 82 persen jika dibanding wilayah lainnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang di Jalan Tanah Merah Bawah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam.

Api pertama kali dilaporkan muncul pada pukul 20.11 WIB, berasal dari ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di area Depo.

Pelaksana Harian Kepala BPBD DKI M Ridwan pada Sabtu (4/3/2023), menyampaikan kebakaran tersebut mengakibatkan belasan orang meninggal dunia dan 51 korban luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com