Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Datang, Jalan Rusak di Pasar Baleendah Bandung Mendadak Mulus, Gunungan Sampah Menghilang

Kompas.com - 05/03/2023, 16:58 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Wajah Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, berubah drastis saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang, Minggu (5/3/2023).

Salah satunya jalan yang rusak dan becek, kini mendadak diaspal.

Baca juga: Cerita Warga Saat Gunungan Sampah di Pasar Baleendah Bersih Jelang Kedatangan Jokowi: Sebelumnya Jarang Diangkut

Namun, memang, hanya jalur yang akan dilintasi Presiden Jokowi saja yang diaspal. Sementara sebagian besar lintasan di Pasar Baleendah lainnya dilapisi batu kerikil.

Baca juga: Jelang Kedatangan Jokowi, Pedagang Pasar Baleendah Bandung: Jalan Diaspal, Biasanya Becek

Pantauan Kompas.com, Pasar Baleendah juga tampak lebih rapi dari biasanya. Sejak gerbang masuk, parkiran kendaraan tampak rapi.

Begitu juga gerbang masuk ke Pasar Baleendah yang tak lagi terlihat kumuh.

Tumi (64), salah satu pedagang sembako di Pasar Baleendah mengatakan, jalur yang akan dilintasi Jokowi sudah diaspal sejak Sabtu (4/3/2023) malam.

"Sejak kemarin malam sudah diaspal, sebagian juga ada yang ditutupi batu kerikil," katanya saat ditemui di lokasi, Minggu.

Bagi pedagang, kedatangan Jokowi sangat ditunggu karena membawa hikmah tersendiri. Salah satunya karena sebagian jalan di pasar akhirnya diaspal.

"Alhamdulilah datang Presiden ada hikmahnya. Biasanya becek, tapi sekarang dikasih aspal sebagian dan sebagian lagi pakai batu kerikil," ungkapnya.

Gunungan sampah menghilang

Hal berbeda juga terlihat dari gunungan sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) di Pasar Baleendah yang mendadak menghilang.

Padahal, beberapa waktu lalu, sampah di Pasar Baleendah kerap menjadi masalah, baik untuk pedagang maupun pembeli.

Ternyata, sejak Minggu pagi, sampah yang biasa menumpuk di pinggir jalan sudah diangkut ke bak truk sampah.

Sejumlah alat berat juga tampak bersiaga di belakang pasar.

Sumarni (46), pembeli sekaligus warga sekitar Pasar Baleendah mengatakan, pembersihan sampah tersebut baiknya rutin dilakukan dan tidak hanya saat Jokowi datang.

"Sebelumnya jarang diangkut sampah di situ teh. Jadi we kan numpuk-numpuk terus. Ditambah baunya enggak enak," terang dia.

"Kalau udah dibersihin mah kan jadi enakeun. Ya, harusnya mah jangan pas ada Jokowi aja dibersihinnya. Hari-hari biasa juga harus terus dibersihkan," terangnya. (Penulis Kontributor Bandung, M. Elgana Mubarokah | Editor Reni Susanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com