Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya soal OTT KPK Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Wagub Jabar: Itu Bagian Pak Gubernur

Kompas.com - 15/04/2023, 12:02 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum atau akrab disapa Kang Uu enggan berkomentar terkait kasus korupsi yang menjerat Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Uu mengatakan, soal apa yang menimpa Wali Kota Bandung Yana Mulyana, lebih pantas dikomentari oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Saya tidak bisa menjawab hal semacam itu, karena mungkin itu bagian Pak Gubernur," katanya ditemui di Pasar Soreang, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: Gedung Bappelitbang Balai Kota Bandung Terbakar, Lokasinya Dekat dengan Ruang Wali Kota, Ini Kesaksian Yana Mulyana

Menurutnya, kasus yang menjerat Wali Kota Bandung Yana Mulyana merupakan isu yang bersifat prinsipil.

"Kalau masalah yang strategis, hal yang prinsip-prinsip, hal yang sensitif seperti itu, biar Pak Gubernur yang menyampaikan," kata dia.

Tak hanya itu, soal kepastian Pelaksana Tugas (PLT) yang bakal dimandatkan kepada Ema Sumarna selaku Sekretaris Daerah (Sekda), Uu pun tak berani berspekulasi.

"Takut salah, nanti Pak Gubernur yang menjawabnya, ya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya,  Wali Kota Bandung Yana Mulya terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Yana Mulyana: Atasi Macet di Bandung, MRT Masuk Rencana Jangka Panjang

Juru bicara penindakan dan kelembagaan KPK Ali Fikri membenarkan hal tersebut.

"KPK pada Jumat (14/4/2023) telah melakukan kegiatan tangkap tangan kepada beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi," kata Ali, dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com