Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu-satunya Rombongan Jemaah Haji Kota Cirebon Diberangkatkan, Isak Tangis Keluarga Pecah

Kompas.com - 06/06/2023, 12:21 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Sebanyak 354 jemaah haji serta 8 petugas, asal Kota Cirebon, Jawa Barat, diberangkatkan menuju Embarkasi Kertajati Majalengka, Selasa (6/6/2023) pagi.

Mereka adalah satu satunya rombongan jemaah asal Kota Cirebon. Isak tangis sejumlah keluarga, anak, orang tua, dan kerabat, pecah saat prosesi keberangkatan.

Fatimah, putri kedua dari pasangan suami istri, Wina Nuryani dan Irfan ini, menangis histeris. Fatimah yang masih duduk di bangku TK ini sangat bersedih ditinggal kedua orangtuanya.

Tak hanya Fatimah, kakaknya yang duduk di bangku sekolah dasar pun berlinang air mata.

Wina dan Irfan, adalah dua dari total 354 jemaah haji asal Kota Cirebon yang berangkat untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2023 ini.

Baca juga: 2 Jemaah Haji Asal Lamongan Meninggal Dunia di Tanah Suci

Wina dan Irfan meninggalkan empat orang anak, dua anak putri, dan dua putra kembar.

Yanti, nenek dari Fatimah menyebut, Wina dan Irfan masuk dalam rombongan kloter 7 Kota Cirebon.

“Sedih, sedih sekali. Fatimah yang tidak berhenti menangis dari tadi, dia tidak mau berpisah dengan orang tuanya, begitupun kakaknya. Yang dua ini masih kecil-kecil, kembar. Semoga Wina dan Irfan sehat terus, dipermudah ibadahnya, dan pulang menjadi haji yang mabrur,” harap Yanti sambil berlinang air mata, saat ditemui Kompas.com.

Tak hanya mereka, kepergian para jemaah haji lainnya untuk menunaikan rukun Islam kelima juga ditangisi oleh keluarga dan kerabat mereka.

Baca juga: Perjuangan Cak Pir, Marbut Masjid di Jombang yang Akhirnya Bisa Naik Haji

Air mata yang menetes merupakan ungkapan sedih karena akan berpisah sementara, dan juga ungkapan bahagia dan syukur karena untuk keluarga mereka dapat menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menyampaikan, 354 jemaah haji ini berangkat dari kota cirebon di Korem 063 Sunan Gunung Jati Kota Cirebon dengan mengunakan delapan unit armada bus.

Mereka menuju Asrama Haji Indramayu dan akan diberangkatkan melalui bandara kertajati pada Rabu (7/6/2023) dini hari nanti.

“Pesan Pak Walikota, Nasrudin Azis, salah satu adalah agar para jamaah meningkatkan rasa kekeluargaan tinggi. Rasa kekeluargaan antar jamaah ini, akan membuat tiap jemaah saling menjaga dan membantu satu sama lain,” kata Agus di tengah prosesi pelepasan.

Agus mengungkapkan rasa syukur, Bandara Kertajati sudah digunakan untuk pemberangkayan Jemaah haji tahun ini. Ini akan berdampak besar untuk pengembangan daerah-daerah sekitar.

Agus juga mendoakan, agar prosesi jamaah haji dari Kota Cirebon, seluruh Indonesia, dan semuanya berjalan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com