Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerupuk Mie Rempah Bandung Tembus Pasar Qatar dan Jepang

Kompas.com - 05/03/2024, 19:44 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Kerupuk produk Kelurahan Mekar Mulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, tembus pasar Qatar dan Jepang.

Produk tersebut merupakan kerupuk mie rempah dengan berbagai rasa. Namanya Kerupuk Kebunnya Aki dan Enin yang diproduksi mulai 2018 oleh Ahmad Susila.

"Sudah tembus ke luar negeri. Mulai dari Malaysia, Qatar, bahkan Jepang," ujar Lurah Mekar Mulya, Ellis Suprihatin dalam rilisnya, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Bupati Bandung Sambut Baik Usulan Aktivasi KA Bandung-Ciwidey

Ellis mengakui, untuk bisa tembus pasar dunia, bukan hal yang mudah. Hal itu membutuhkan perjuangan keras. Mulai dari legalitas, digital marketing, hingga pelatihan agar produknya berkualitas.

Saat ini kerupuk "Kebunnya Aki dan Enin" juga bisa ditemui di sejumlah marketplace seperti Tokopedia, Shoppe, dan lainnya.

Beragam varian ditawarkan, seperti kerupuk mie rempah mini, kerupuk mie rempah, kerupuk mie rempah varian gosong, kerupuk mie rempah pedas bantat.

Baca juga: Penjual Sepatu Converse dan Nike Tanpa Izin di Bandung Raih Untung Jutaan Rupiah Per Bulan

Tak hanya kerupuk, ada sejumlah produk UMKM lainnya yang memiliki daya saing tinggi. Di antaranya rujak, cemilan, dan kuliner lainnya.

"Dengan kebaradaan UMKM di Mekar Mulya ini, warga kemudian berkolaborasi. Dibantu oleh dinas terkait agar tekun dalam menjalankan bisnis," tuturnya.

Sementara itu, Tim Pemasaran Website UMKM Kelurahan Mekar Mulya, Teguh mengatakan, saat ini untuk keberlanjutan suksesnya pemasaran produk maka sangat memanfaatkan digitalisasi.

"Hal ini kunci utama sekarang, karena kalau tidak akan sulit untuk berkembang," ungkapnya.

Teguh meyakinkan, UMKM di Kelurahan Mekar Mulya terus berinovasi. Mereka memanfaatkan teknologi digital sebagai wadah pemasaran.

"Kunci utama era global ini paham teknologi, kita berusaha bantu juga pelaku usaha yang lain dengan teknologi," ungkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com