Salin Artikel

Imbau Warga Taat Prokes Saat Ibadah, Wali Kota Bandung: Kita Diwajibkan Ikhtiar Hindari Serangan Covid-19

Oded menyontohkan di India yang saat ini tengah diterjang tsunami Covid-19. Meledaknya kasus di negara tersebut salah satunya akibat aktivitas keagamaan yang mengabaikan terhadap protokol kesehatan. Dia berharap Indonesia terutama Kota Bandung tidak mengikuti jejak India.

"Jangan sampai terlena. Jangan sampai terjadi seperti di India," kata Oded dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Khusus bagi umat muslim yang tengah meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan, Oded memastikan aktivitas keagamaan di bulan sampai hari raya Idul Fitri seperti shalat tarawih dan shalat Ied tetap bisa berlangsung dengan khusyuk.

Kendati demikian, lewat surat edaran  Wali Kota Bandung nomor 45/SE.051-Bagkesra tertanggal 26 April 2021, setiap kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan harus menerapkan protokol kesehatan.

Dalam salah beberapa poin disebutkan, Pengurus masjid/mushala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain sebagai berikut. 


Ikhtiar hindari serangan Covid-19

Shalat fardu lima waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Al-Qur'an, dan iktikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas masjid, mushala; dan Pengajian, Ceramah, Tausiyah atau kultum Ramadhan dan Kuliah Subuh dilakukan dengan durasi waktu paling lama 15 (lima belas) menit.

Selain itu, poin lainnya terkait penyelenggaraan shalat ldul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen  dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat serta menghindari kerumunan setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri selesai.

"Kita diwajibkan ikhtiar (menghindari) dari serangan Covid-19 ini. Yang dinilai itu seperti apa ikhtiar kita," ucap Oded.

Memiliki latar belakang sebagai tokoh agama, Oded paham betul makna bulan Ramadhan bagi umat muslim. Namun, selaku kepala daerah, dia menegaskan urusan kesehatan menjadi kepentingan semua masyarakat.

Untuk itu,  Oded menyerukan kepada seluruh perangkat pemerintahan, ataupun tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang untuk sama-sama mengingatkan masyarakat dan tokoh-tokoh agama di kewilayahan terhadap pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

"Ini penting saya sampaikan, karena kata kunci untuk meminimalisir penyebaran covid-19 ini adalah disiplin protokol kesehatan," tuturnya.

https://bandung.kompas.com/read/2021/05/03/075100578/imbau-warga-taat-prokes-saat-ibadah-wali-kota-bandung--kita-diwajibkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke