Salin Artikel

Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Depok dan Karawang, Mohon Warga Tingkatkan Prokes

Temuan tersebut berdasarkan hasil kajian genome sequencing yang dilakukan Labkesda Jabar dan ITB.

"Berita paling baru, paling penting hari ini adalah varian delta sudah hadir di Jabar. Hadir di Karawang dan Depok berdasarkan kajian genome sequencing yang dilakukan Labkesda dan ITB," kata Emil seusai Rapat Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah yang dilakukan secara daring, di Bandung, dikutip dari Antara, Senin (21/6/2021).

Emil mengatakan, varian ini penularannya lebih cepat dari varian sebelumnya.

Untuk itu dia berharap agar warga Jabar lebih waspada dan meningkatkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan berita ini kita tingkatkan kewaspadaan kita. Mohon disampaikan kepada masyarakat dengan kehadiran varian delta di Jabar prokes 5M ditingkatkan lagi," kata dia.

BOR naik


Emil menambahkam, terjadi kenaikan penggunaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) untuk pasien Covid-19 di wilayah Jabar yang saat ini ada di angka 84 persen.

"Hari ini memastikan seluruh daerah memiliki 30 persen jatah untuk tempat tidur (pasien) Covid dari 100 persen tempat tidur untuk pasien umum. Jika 30 persen penuh, tolong dinaikkan ke 40 persen, dan jika 40 persen sudah penuh tolong dinaikkan ke 60 persen," kata dia

Dengan kenaikan itu, Pemprov Jabar telah bersiap mengonversi hotel, apartemen menjadi tempat isolasi dan rumah sakit darurat.

"Minggu ini juga kita dengan anggaran APBD mencari relawan medis sebanyak 400 orang, sudah diumumkan," kata dia.

https://bandung.kompas.com/read/2021/06/21/172658978/covid-19-varian-delta-ditemukan-di-depok-dan-karawang-mohon-warga-tingkatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke