Salin Artikel

Gratis, Mahasiswa Unpad Bisa Kuliah di ITB atau Sebaliknya

"Mahasiswa Unpad bisa berkuliah di ITB, dan begitu pula sebaliknya," ujar Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (8/7/2021).

Arief menjelaskan, kebijakan tersebut dimulai dengan kerja sama akademik yang dilakukan kedua perguruan tinggi di Bandung tersebut.

Kebijakan ini diambil agar mahasiswa mendapatkan nilai tambah berupa ilmu di luar kompetensi inti program studi mereka hingga kesempatan belajar berkolaborasi.

Ada dua format dalam kegiatan ini, yakni pertukaran pelajar dan kegiatan akademik di dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Mahasiswa ITB dan Unpad dapat memiliki mata kuliah yang ditawarkan masing-masing kampus," ucap dia.

Pada semester 1 2021/2022, ITB menawarkan 82 mata kuliah yang dapat dipilih mahasiswa Unpad. Sementara Unpad sudah menginventarisir 111 mata kuliah untuk mahasiswa ITB.

Nantinya, mahasiswa Unpad tersebut akan terdaftar sebagai mahasiswa non-reguler ITB dan demikian pula sebaliknya.

Setelah perkuliahan, mahasiswa ITB akan mendapatkan transkrip nilai dari Unpad yang dilaporkan kepada program studi untuk mendapatkan pengakuan dari ITB melalui mekanisme transfer kredit.


"Untuk mengikuti program ini, seluruh mahasiswa tidak dipungut biaya," tutur dia.

Selain kegiatan akademik, mahasiswa ITB dan Unpad juga akan terlibat di berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di kedua perguruan tinggi ini.

Para dosen maupun mahasiswa dari ITB dan Unpad akan berkolaborasi bersama di 30 pusat riset dan pusat studi yang tersedia.

Secara total, sekitar 1.000 mahasiswa ditargetkan akan terlibat dalam salah satu kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini.

Sementara pada berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, 300-an mahasiswa dari kedua perguruan tinggi negeri ini akan terlibat.

Peluncuran resmi program ini rencananya digelar bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

https://bandung.kompas.com/read/2021/07/08/200433178/gratis-mahasiswa-unpad-bisa-kuliah-di-itb-atau-sebaliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke