Salin Artikel

Kabupaten Bogor Punya 6 Taman Baru, Bisa Digunakan Awal Tahun 2022

Keenam taman tersebut yakni, Taman Perubahan Bojonggede, Taman Tematik Jasinga, Alun-alun Leuwiliang, Taman Tematik Klapanunggal, Alun-alun Cariu, dan Taman Tugu Pancakarsa Sentul.

Taman-taman tersebut dibuat supaya daerah di Kabupaten Bogor memiliki ruang terbuka hijau yang indah, bersih dan nyaman.

"Sesuai yang direncanakan akhirnya selesai juga dan terlaksana dengan baik. Meskipun harus banyak menghadapi halangan dalam proses pembangunannya," kata Ade saat peresmian enam taman secara simbolis di Taman Tugu Pancakarsa, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Senin (27/12/2021) malam.

Ade mengatakan, enam taman tersebut belum bisa dibuka atau dipergunakan untuk umum selama libur Natal dan Tahun Baru sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berlaku sejak 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Sebab, masyarakat harus menghindari kerumunan atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan, seperti bakar petasan, arak-arakan, dan pesta trompet.

Ade menegaskan bahwa akan ada tim park ranger yang menjaga dan mengawasi kawasan taman itu selama 24 jam dibagi dalam tiga shif, yang terdiri dari Satpol-PP, Dishub, DLH dan DPKPP.

"Baru boleh dibuka setelah tanggal 2 Januari 2022, nanti bisa dikunjungi untuk santai sambil foto-foto. Tapi tidak untuk makan-makan. Semoga taman ini akan memperindah Kabupaten Bogor sehingga kita harus jaga bersama-sama," ucapnya.

Di samping itu, tahun ini Pemkab Bogor menggunakan anggaran daerah senilai Rp 356,5 miliar untuk program mempercantik wajah ibu kota atau City Beautification Project meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

Penggunaan anggaran tersebut tersebar di empat perangkat daerah, yaitu Rp 328 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Rp 21 miliar pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Rp 437 juta pada Dinas Lingkungan Hidup, dan Rp 7,3 miliar pada Dinas Perhubungan.


Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menyebutkan bahwa enam taman dan alun-alun yang diresmikan tersebut baru sebagian dari pekerjaan di tahun 2021.

Pasalnya di tahun yang sama, Pemkab Bogor juga telah meresmikan beberapa taman, seperti Alun-alun Cirimekar Cibinong, dan sebagian belum diresmikan seperti Taman Inspirasi di area DPRD Kabupaten Bogor.

"Tahun 2020 kita sudah melaksanakan penataan tamannya dan secara bertahap kemudian membangun konstruksinya. Alhamdulillah pada 2021 ini kita menyelesaikannya sehingga kita bisa menyaksikannya hari ini dan ini akan menjadi tonggak sejarah kita," ujarnya.

Ajat memastikan bahwa masyarakat bisa mengunjungi taman-taman milik Pemkab Bogor ketika aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah membolehkan taman dibuka untuk umum.

"Hari ini hanya diresmikan, bukan dibuka. Jadi tidak dibuka untuk ditutup. Nantinya masyarakat warga mana pun boleh berkunjung karena fasilitas umum tidak terbatas wilayah administratif. Mudah-mudahan taman ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," jelas dia.

https://bandung.kompas.com/read/2021/12/28/111359378/kabupaten-bogor-punya-6-taman-baru-bisa-digunakan-awal-tahun-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke