Salin Artikel

Pemprov Jabar Gelontorkan Rp 600 M untuk Perbaiki 36 Ribu Rumah Tak Layak Huni

"Kasian selama Covid, sudah ekonominya terpuruk rumahnya juga rata-rata tidak memadai," ungkap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat konferensi pers di Sukabumi, Sabtu (8/1/2022).

Hal itu disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat hadir di Sukabumi dalam kegiatan peresmian Lapangan Merdeka Terintegerasi Alun-alun Sukabumi dan Pasar Lembursitu.

Menurut Kang Emil tahun lalu yang tidak refocusing program utama adalah pembangunan Rutilahu dengan nilai anggaran di atas Rp 600 miliar.

"Diberikan untuk 38 ribu rumah yang mau ambruk, mau roboh," ujar dia.

Sebagai simbolis penyerahan diberikan kepada lima wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Cianjur.

Kang Emil berharap warga dapat melihat bahwa komitmen Pemprov Jabar untuk duafa dan warga yang membutuhkan tidak main-main.

Pihaknya mengedepankan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Jadi Gubernur Jawa Barat tidak hanya mengurusi ruang terbuka, tapi juga hak dasar punya rumah baik juga kita sempurnakan," aku Kang Emil.

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengaku sangat bersyukur atas bantuan program Rutilahu dari Pemprov Jawa Barat.

"Perhatian beliau (Gubernur Jabar) untuk Kabupaten Sukabumi sangat besar," aku Iyos kepada wartawan saat menghadiri peresmian di Alun-alun Sukabumi.

Menurut Iyos Kabupaten Sukabumi menerima 2.386 unit Bantuan Sosial (Bansos) Rutilahu dari Pemprov Jabar di 2021. Bantuan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Iyos berharap ke depannya bantuan Rutilahu untuk Kabupaten Sukabumi bisa lebih meningkat. Pemkab Sukabumi juga terus berupaya supaya bisa membangun lebih banyak Rutilahu bagi masyarakat.

"Di 2022 ini, kami ingin meningkat dari tahun kemarin. Baik dari kualitas maupun kuantitas," harap Iyos

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/09/195057078/pemprov-jabar-gelontorkan-rp-600-m-untuk-perbaiki-36-ribu-rumah-tak-layak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke