Salin Artikel

Bupati Karawang Prihatin Jembatan Senilai Rp 10 Miliar Ambles, Ini Kondisinya

KOMPAS.com - Belum satu bulan diresmikan Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana, jembatan KW6 yang menelan biaya Rp 10 miliar ambles pada Sabtu (15/1/2022).

Bupati Cellica mengaku prihatin dengan kondisi jembatan yang baru saja dia resmikan dua minggu lalu itu.

Ia berharap kejadian yang videonya sempat viral di media sosial itu tak kembali terulang. Karenanya, ia meminta pihak terkait bekerja sesuai aturan yang berlaku.

"Belum berapa lama saya resmikan jempatan kebuh. Baru dua minggu ambles. Alasannya longsor," kata dia, Senin (17/1/2022).

Kondisi jembatan

Dilansir dari TribunBekasi.com, jembatan itu berada di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat.

Jembatan yang menjadi penghubung Kecamatan Rawamerta dengan Kecamatan Karawang Bara itu memiliki lebar 7 meter dan panjang 43,50 meter.

Di salah satu sisi jembatan yang dekat saluran irigasi tampak ambles sepanjang lebih kurang 200 meter. Akibatnya, material konstruksi juga longsor.

Lalu, di di titik kerusakan itu tampak ada papan dengan tulisan 'hati-hati ada pekerjaan jembatan'.

Selain itu, jembatan itu hanya dapat dilalui sepeda motor. Untuk kendaraan dengan ukuran lebih besar tidak bisa melintasi jembatan tersebut.

Menurut Obet (30), salah satu warga sekitar, jembatan itu belum satu bulan beroperasi. Dirinya pun berharap pemerintah segera memperbaikinya.

"Iya harus cepat-cepat diperbaiki, karena semakin parah dan bahaya ini nantinya," katanya.

Selain Obet, kerusakan jembatan yang menghabiskan dana miliaran itu mendapat sorotan dari Asep Agustian, yang juga Ketua Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi) Karawang.

Dirinya meminta Pemkab Karawang menindak tegas pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang dan kontraktor pelaksana yang bekerja asal-asalan.

"Ini jelas-jelas membahayakan masyarakat karena kerusakannya parah. Beton penyangga dan coran dalam kondisi amblas gitu," ujarnya.

Tanggapan Bupati Karawang 

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica meminta pihak ketiga proyek jembatan itu untuk bertanggung jawab.

"Saya minta pihak ketiga mempertanggungjawabkannya, sehingga tidak menjadi opini yang tidak baik terhadap Pemda Karawang," kata Cellica dalam sambutan apel Hari Kesadaran Nasional di Plaza Kantor Pemkab Karawang, Senin (17/1/2022).

 (Abba Gabrillin).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jembatan Senilai Rp 10 Miliar yang Baru Diresmikan Bupati Karawang Amblas

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/17/134033878/bupati-karawang-prihatin-jembatan-senilai-rp-10-miliar-ambles-ini-kondisinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke