Salin Artikel

“Belum Berapa Lama Saya Resmikan Jembatan Itu, Baru Dua Minggu, Ambles”

KOMPAS.com - Jembatan KW6 di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ambles.

Padahal, jembatan sepanjang 43,50 meter dan lebar 7 meter ini baru dua minggu lalu diresmikan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Adapun total anggaran pembangunan jembatan ini sebesar Rp 10 miliar.

Amblesnya jembatan KW6 di Karawang ini mendapat sorotan dari Cellica. Dia mengaku prihatin atas amblesnya jembatan tersebut.

"Belum berapa lama saya resmikan Jembatan Kepuh. Baru dua minggu ambles. Alasannya longsor," ujarnya, Senin (17/1/2022).

Ia menuturkan bakal memantau penangan jembatan yang ambles itu.

"Saya minta pihak ketiga mempertanggungjawabkannya, sehingga tidak menjadi opini yang tidak baik terhadap Pemda Karawang," ucapnya dalam sambutan apel Hari Kesadaran Nasional di Plaza Kantor Pemerintah Kabupatan Karawang.

Cellica menjelaskan, pembenahan infrastruktur jembatan tersebut bakal dilakukan mulai 2022 ini.

Pembenahan itu di antaranya menyasar sejumlah ruas jalan, termasuk akses tol Karawang Barat dan Karawang Timur, yang membutuhkan izin khusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Harapannya 2024 tidak ada lagi jalan yang kurang baik di Kabupaten Karawang," ungkapnya.

Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Rawamerta dengan Kecamatan Karawang Barat ini
ambles pada bagian sisi dekat saluran irigasi sepanjang 200 meter.

Material jembatan yang menempel pada sisi saluran irigasi mengalami longsor, sehingga mengakibatkan konstruksi jembatan turut ambles.

Salah seorang warga Kelurahan Karangpawitan, Nugraha, mengatakan, jembatan KW6 amblas sejak Jumat (14/1/2022) malam.

“Kondisinya amblas sejak Jumat (14/1) malam lalu, dan sekarang kondisinya sudah sangat parah, sampai kelihatan terbelah,” jelasnya, dikutip dari Antara.

Warga lainnya, Obet (30), berharap agar jembatan yang ambles tersebut segera diperbaiki. Dia khawatir kondisi jembatan bisa membahayakan masyarakat.

"Iya harus cepat-cepat diperbaiki, karena semakin parah dan bahaya ini nantinya," tuturnya, dilansir dari Tribunnews.com.

Jembatan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Jembatan Kepuh ini diresmikan oleh Bupati Karawang pada 29 Desember 2021.

Selain menjadi jalur alternatif ke obyek wisata sejarah Rawagede, adanya jembatan KW6 diharapkan bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di sepanjang jalur.

Sewaktu meresmikan jembatan tersebut, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyampaikan bahwa jembatan KW6 direncanakan sejak lama.

Tujuannya untuk mengurangi kemacetan.

"Meski sempat terhenti karena Covid-19, tapi alhamdulillah sekarang jembatan ini sudah bisa digunakan. Lokasi ini banyak perumahan. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," sebutnya kala itu.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Karawang, Farida Farhan | Editor: Gloria Setyvani Putri, Abba Gabrillin), Antara

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Belum Satu Bulan Diresmikan Bupati Karawang, Jembatan Senilai Rp 10 Miliar Ambles

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/17/144500278/-belum-berapa-lama-saya-resmikan-jembatan-itu-baru-dua-minggu-ambles-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke