Salin Artikel

Ridwan Kamil Minta Tokoh Politik Lebih Menjaga Ucapan

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, tokoh politik seharusnya bisa menjaga ucapan dan memberi contoh baik untuk warga.

"Dalam hadis Islam saja, bicara yang baik atau diam. Kalaupun harus bicara, harus yang baik-baik, jadi ada pilihan. Mau bicara argumentasinya sama, tapi pilihan narasinya bisa dengan bahasa yang tidak baik dan dengan bahasa yang baik," kata Emil usai bertemu para tokoh Sunda di Bandung, Selasa (25/1/2022).

Emil pun menyesalkan munculnya pernyataan tokoh politik yang menyinggung masyarakat.

"Saya menyesalkan dalam waktu yang berdekatan kita diributkan dengan tindakan atau ucapan dari mereka secara terang-terangan di ruang publik yang akhirnya menyakiti perasaan kelompok masyarakat yang menjadi sebuah bagian dari yang namanya rumah kebhinekaan Indonesia," ujar Emil.

Menurut Emil, pemilihan kata dan bahasa perlu dipertimbangkan sebelum berbicara di hadapan publik.

Sikap para tokoh politik yang membawa narasi yang multitafsir dan menyita perhatian warga justru menjadi tidak produktif.

"Maka pesan saya, satu harus minta maaf secara tulus. Setelah maaf, kalau ada aspek hukum, tentulah harus dihadapi. Nah, yang berikutnya, ini menjadi hikmah buat kita yang mengamati, jangan mengulangi apa yang dipertontonkan itu," kata Emil.

Emil berharap, masalah yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik dan menjadi pelajaran bagi semua orang.

https://bandung.kompas.com/read/2022/01/25/154241978/ridwan-kamil-minta-tokoh-politik-lebih-menjaga-ucapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke