Salin Artikel

Tingkat Penyebaran Covid-19 di Jabar Tertinggi Nasional, Kapolda: Masyarakat Harus Disiplin Prokes

BANDUNG, KOMPAS.com - Tingkat penyebaran Covid-19 di Jawa Barat mencapai angka tertinggi secara nasional. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jawa Barat Inspektorat Jendral Polisi Suntana.

"Perlu kami sampaikan kepada rekan-rekan media, dua hari atau tiga hari ini tingkat penyebaran Covid-19 di Jawa Barat mencapai angka tertinggi untuk nasional, kemarin kita 14.000 sekarang 15.000," kata Suntana usai meninjau acara vaksin di kampus Universitas Maranatha, Kota Bandung, Kamis (17/2/2022).

Kendati demikian, kata Suntana, tingkat vaksinasi di wilayah Jawa Barat pun dinilainya cukup tinggi.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Suntana, vaksinasi pertama sudah mencapai 88 persen dan vaksinasi kedua mencapai 63 persen.

"Vaksinasi lansia kita sudah di angka 80 persen juga, dan vaksinasi kedua (lansia) juga cukup besar, (vaksinasi) anak-anak juga cukup besar," ucapnya.

Suntana meminta masyarakat yang belum mendapatkan vaksin untuk segera mendatangi sentra vaksinasi pertama dan kedua sebagai salah satu upaya untuk mencegah serta meminimalisir penyebaran virus.

"Bagi yang sudah keduanya, maka ikuti vaksinasi ketiga. Mohon kesadaran kepada masyarakat untuk mendatangi sentra-sentra vaksinasi, dan mendatangi yang tersedia oleh satgas," ucapnya.

Menurutnya, penyebaran varian baru ini sangat bergantung kepada disiplin masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan.

Meski tingkat vaksinasi di Jawa Barat tinggi, tetapi jika masyarakat tidak di menerapkan disiplin protokol kesehatan, akan mudah menjadi sasaran penyebaran Covid-19.

Karenanya, masyarakat diimbau untuk menghindari kerumunan dan tidak mendatangi kerumunan.

Untuk itu Suntana terus mengingatkan masyarakat Jawa Barat untuk terus menerapkan disiplin protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, dan protokol kesehatan lainnya untuk melindungi diri serta orang lain dari sebaran virus covid.

"Sekali lagi saya ingin berpesan, pesan dari pak Presiden yang menyampaikan bahwa tingkat vaksinasi dan disiplin prokes menggunakan masker, menghindari kerumunan, itu menjadi kunci utama mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin bertambah," ucap Suntana.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri, untuk mencegah ini kami mohon bantuan kepada masyarakat dan stake holder yang ada," tegasnya.

Sementara itu dalam kegiatan vaksin ini, tampak masyarakat tengah mengantrE di salah satu gedung di kampus Maranatha untuk mendapatkan vaksin kedua dan ketiga.

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/17/135953778/tingkat-penyebaran-covid-19-di-jabar-tertinggi-nasional-kapolda-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke