Salin Artikel

Taman Kota Tasikmalaya Akan Dihiasi Pesawat F5 dan Tank Lapis Baja

Air mancur yang menelan anggaran miliaran rupiah tersebut hanya beroperasi selama beberapa pekan, sejak diresmikan pada 2019 lalu.

Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf akan mendatangkan pesawat F5 dan tank lapis baja bersejarah untuk mengganti air keberadaan air mancur di Taman Kota Tasikmalaya.

Hiasan baru tersebut akan segera terealiasasi dalam waktu dekat ini.

Pesawat F5 bekas akan didatangkan dari Yogyakarta.

Sementara tank lapis baja bersejarah akan dibawa dari Bandung.

Tank tersebut pernah digunakan saat perang agresi militer II di wilayah Karangresik, Kota Tasikmalaya.

"Tasik sudah meminta pesawat F5 untuk dipasang di Taman Kota, daripada air mancur yang sudah enggak jalan sekarang. Kita juga nanti akan pasang tank baja yang sudah diperbaiki untuk ditarik dan dipasang di sana," ujar Yusuf usai memperingati Hari Sampah di kawasan Alun-alun Kota Tasikmalaya, Rabu (23/2/2022).

Yusuf mengatakan, dengan adanya monumen pesawat F5 dan tank lapis baja bersejarah tersebut, Taman Kota bisa menjadi tempat wisata sekaligus edukasi sejarah.

Hal ini mencontoh kawasan perkotaan di Yogyakarta.

"Kita adopsi seperti Yogyakarta, di titik nol pusat kota, ada Istana Negara dan di depannya ada yang dulunya tempat tak terlalu produktif menjadi museum, kawasan wisata bersejarah. Nanti di Taman Kota juga wisatanya akan mirip seperti itu, dengan adanya pesawat dan tank baja bersejarah," kata Yusuf.

Taman Kota Tasikmalaya depan Masjid Agung akan menjadi seperti titik nol.

"Nanti kan akan nyambung dengan kawasan HZ Mustofa sebagai Malioboronya Tasikmalaya ya," kata dia.

Saat ini, dalam proses mendatangkan pesawat F5, Pemkot Tasikmalaya dibantu oleh Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Wiriadinata Tasikmalaya.

Sedangkan, proses mendatangkan kendaraan tank lapis baja, Komandan Lanud sudah mempersilahkan diambil kembali oleh Tasikmalaya.

"Beliau sudah mempersilakan asal ada permintaan resmi. Lapis baja itu di Karangresik yang waktu itu diruntuhkan saat peristiwa agresi militer kedua di Kota Tasikmalaya. Nah, dulu kan di sana ada tank lapis baja, diambil dan diperbaiki di Bandung. Kebetulan teman saya yang perbaikinya, sekarang ternyata sudah selesai," kata Yusuf.

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/23/152211578/taman-kota-tasikmalaya-akan-dihiasi-pesawat-f5-dan-tank-lapis-baja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke