Salin Artikel

Puncak Bogor Sempat Macet Berjam-jam, Polisi Sebut Ada 6 Titik Mobil Mogok

KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Puncak Bogor, Jawa Barat, sempat mengalami kemacetan parah pada Minggu (27/2/2022).

Kemacetan hingga berjam-jam itu disebabkan meningkatnya jumlah kendaraan akibat libur panjang.

Sempitnya jalur dan adanya kendaraan mogok semakin membuat antrean kendaraan mengular.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, ada enam titik mobil mogok pada Minggu.

"Kebetulan mungkin karena libur panjang ya, terus volume kendaraan roda dua dan empat meningkat. Tadi siang itu sekitar jam 14.00 ada mobil mogok di enam titik yang berbeda, jadi terjadi penyempitan. Jalur ke atas ini kan ada dua lajur, nah karena yang mobil mogok itu memakan sebagian lajur ke arah atas, sehingga ada kendaraan yang melambung untuk melewati mobil mogok itu," ujarnya, Minggu.

Kepadatan kendaraan ini juga terjadi karena wisatawan yang menggunakan sepeda motor banyak yang berhenti di bahu jalan. Hal ini menghambat arus lalu lintas.

"(Motor membeludak) Iya itu juga karena memang lumayan banyak. Dan kebetulan dekat ke arah mobil mogok itu, sehingga penyempitan tak terhindarkan dan membuat kemacetan yang cukup lama," ucapnya.

Akibat kemacetan itu, kata kunci “Puncak” menjadi trending topic di Twitter.

Dalam sejumlah unggahan, warga mengaku terjebak hingga berjam-jam, mulai siang hingga malam.


Jumlah kendaraan ke Puncak Bogor meningkat

Diberitakan sebelumnya, kemacetan di jalur Puncak Bogor saat libur panjang pada Minggu terjadi dari Simpang Gadog sampai Pasir Angin arah Pasar Cisarua.

Dari pantauan Kompas.com pada Minggu, terdapat antrean panjang kendaraan roda empat hingga bus pariwisata di Gerbang Tol Ciawi atau KM 45 dari arah Jakarta menuju Puncak Bogor.

Berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebanyak 347.711 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada H-1 libur Hari Isra Miraj.

Dari jumlah itu, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek dan masuk menuju arah Puncak Bogor melalui Gerbang Tol Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 83.870 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang masuk ke Puncak Bogor itu mengalami kenaikan sebesar 24,12 persen dari arus lalu lintas di waktu normal.

"Jumlah kendaraan yang menuju arah Puncak Bogor ini naik sebesar 24 persen jika dibandingkan lalin normal periode sebelumnya," ungkap Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor: Andi Hartik, Abba Gabrillin)

https://bandung.kompas.com/read/2022/02/28/155331378/puncak-bogor-sempat-macet-berjam-jam-polisi-sebut-ada-6-titik-mobil-mogok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke