Salin Artikel

Kubu Setya Novanto dan Nurhadi Bentrok di Lapas Sukamiskin Bandung, Kalapas: Gara-gara Tidak “Kulonuwun”

KOMPAS.com - Kubu Setya Novanto (Setnov) dan Nurhadi sempat terlibat bentrok di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Kejadian tersebut dikonfirmasi oleh Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar. Keributan itu, kata Elly, berlangsung pada tiga minggu lalu.

Namun, Elly menegaskan, bukan Setya Novanto dan Nurhadi yang terlibat adu fisik.

Hanya saja, Elly tak menampik bahwa benturan itu dipicu oleh perselisihan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto dan eks-Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi yang sama-sama mendekam di Lapas Sukamiskin.

Adapun pihak yang terlibat bentrokan adalah Irvanto Hendra Pambudi, terpidana korupsi KTP elektronik; dengan Amiril Mukminin, eks-Sekretaris Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Irvanto berada di kubu Setnov, sedangkan Amiril mendukung Nurhadi.

Penyebab bentrok

Elly mengatakan, awal bentrokan itu karena Irvanto merasa bahwa Nurhadi yang baru masuk ke lapas, tidak menghargai kehadiran Setnov yang sudah lama menghuni Lapas Sukamiskin.

Nurhadi kemudian mendapat pembelaan dari Amiril.

"Diledek-ledekin lah, 'Orang baru nih dengan senior tidak kulonuwun (permisi),' kan begitu, tidak sama seperti yang lain. Irvanto ini kan pro-nya ke Setya Novanto, nah yang saya katakan Amiril itu pro ke Nurhadi. Jadi oleh Irvanto ditonjoknya lah Amiril, dikaitkan ke sana," ujarnya, Kamis (3/3/2022), dikutip dari Tribun Jabar.

Menurut Elly, sempat terjadi pemukulan oleh Irvanto terhadap Amiril.

“Jadi oleh Irvanto ditonjoknya lah Amiril. Nah ditonjoknya itu karena merasa, ‘Oh ini orangnya Setya Novanto, ini oranya Nurhadi,’ dikaitkan ke sana,” ucapnya, dilansir dari Tribunnews.

Elly menuturkan, perselisihan tersebut sudah diselesaikan. Kedua kubu juga setuju untuk berdamai. Pernyataan perdamaian dilakukan secara tertulis.

“Sudah selesai lama. Begitu ini sudah selesai. Sudah pernyataan hitam di atas putih,” ungkapnya.

Meski demikian, gara-gara memukul Amiril, Irvanto disanksi pengurungan di selnya selama enam hari.

“Ya, sanksi apa pun bentuknya, walaupun sudah damai. Irvanto tetap kami sel karena dia nonjok duluan. Sudah kami hukum, Di tempat dia tidak boleh keluar kamar,” tuturnya.

Atas insiden ini, Elly memastikan bahwa tidak ada masalah yang berkelanjutan.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul PENYEBAB Geng Setya Novanto dan Nurhadi Ribut di Lapas Sukamiskin, Singgung Senioritas Napi

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kubu Setya Novanto dan Nurhadi Dikabarkan Bentrok di Lapas Sukamiskin, Kalapas: Diledek-ledekin

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/03/192005678/kubu-setya-novanto-dan-nurhadi-bentrok-di-lapas-sukamiskin-bandung-kalapas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke