Salin Artikel

Siswa SMKN 1 Mundu Cirebon Jatuh dari Kapal di Laut Flores Saat PKL Pelayaran

CIREBON, KOMPAS.com - Frans Julius Hutapea, seorang pelajar pelayaran SMKN 1 Mundu Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dikabarkan jatuh dari kapal di Perairan Laut Utara Flores pada Sabtu (5/3/2022). Sejumlah pihak terkait sedang melakukan pencarian.

Ikhwanudin, Kepala SMKN 1 Mundu menerangkan kabar peristiwa ini diterima pihak sekolah pada Minggu pagi (6/3/2022).

Perusahaan kapal laut menyebut bahwa terjadi musibah di laut, dan Julius dinyatakan hilang.

"Kami menerima kabar pertama kali hari Minggu pagi. Kami mendapatkan informasi bahwa telah terjadi kecelakaan musibah terhadap anak kami," kata Ikhwan kepada Kompas.com di SMKN 1 Mundu, Rabu (9/3/2022).

Ikhwan menjelaskan, perusahaan kapal yang membawa Julius belum bisa memberikan secara rinci kronologi peristiwa tersebut. Hingga saat ini, kapal tersebut masih berada di tengah laut. Akibatnya, proses komunikasi terkendali dan belum berjalan secara optimal.

Ikhwan memastikan pihak sekolah membentuk tim khusus pencari fakta untuk menangani peristiwa ini. Tim juga berkoordinasi dengan perusahaan kapal, pihak berwenang, dan juga keluarga Julius.

Pihak sekolah, kata Ikhwan, juga kesulitan mendapatkan perkembangan pencarian Julius.

Atas dasar itu, tanpa menunggu undangan dari perusahaan, Ikhwan mengutus tim pencari fakta untuk langsung menemui perusahaan kapal di wilayah Pati.

"Hari ini kami mengajak keluarga Julius untuk datang langsung ke Pati. Tim pencari fakta kami akan langsung ke sana agar mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat," jelas Ikhwan.

Ikhwan menerangkan, Julius adalah siswa kelas 3 jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan SMKN 1 Mundu Kabupaten Cirebon.

Julius sedang melaksanakan program Praktik Kerja Lapangan. Dia bersama sepuluh temannya PKL berlayar dari Pelabuhan Juwana Pati menuju Perairan Papua.

Kompas.com berusaha menghubungi keluarga Julius. Reslan Simatupang, keluarga Julius, mengatakan sangat bersedih mendengar kabar ini. Pihak keluarga masih belum dapat memberikan banyak keterangan karena masih syok.

"Keluarga merasa sangat bersedih dan cemas karena kejadian ini," kata Reslan.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/09/180955878/siswa-smkn-1-mundu-cirebon-jatuh-dari-kapal-di-laut-flores-saat-pkl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke