Salin Artikel

Polemik Penundaan Pemilu, Sumedang Tetap Fokus Persiapan untuk 2024

SUMEDANG, KOMPAS.com - Di tengah polemik penundaan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pemkab Sumedang tetap fokus melakukan persiapan untuk pelaksanaannya pada tahun 2024.

Sebagai langkah persiapan menuju 2024 tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang mulai melakukan rapat koordinasi (rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Gedung Negara Sumedang, Kamis (10/3/2022).

Rakor tersebut menghadirkan Direktur Politik Dalam Negeri pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syarmadani, dan Komisioner KPU Jawa Barat Nina Yuningsih.

Di tengah polemik penundaan Pemilu 2024 tersebut, Direktur Politik Dalam Negeri, maupun Komisioner KPU Jawa Barat optimistis bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024.

"Sudah fix (Pasti), pokoknya Pemilu ini akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Begitu juga dengan pemilihan serentak (Pilkada), akan dilaksanakan Rabu, 27 November 2024," kata Nina kepada Kompas.com di Gedung Negara Sumedang, Kamis.

Hal senada disampaikan Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Syarmadani.

Untuk itu, Syarmadani meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu, mulai dari KPU, Bawaslu, pemerintah, TNI/Polri, media massa, dan partai politik untuk segera mempersiapkan diri.

"Saya juga meminta seluruh stakeholder di daerah bisa bersinergi, dan bersama-sama menyukseskan Pemilu. Sehingga menghasilkan Pemilu yang berkualitas dan menghasilkan pemimpin-pemimpin terbaik bangsa, dengan tingkat partisipasi yang tinggi," ujar Syarmadani kepada Kompas.com.

Sementara itu, Sekda Sumedang Herman Suryatman mengatakan Pemkab Sumedang fokus dan telah memulai persiapan jelang Pemilu 2024 mendatang.

"Prinsipnya kami siap untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan pemilihan serentak 2024," ujar Herman kepada Kompas.com.

Herman menuturkan, terkait kebutuhan anggaran, Pemkab Sumedang akan menyediakan anggaran melalui cost sharing untuk pemenuhan kebutuhan Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 mendatang.

"Kami memang harus sudah mulai mempersiapkannya dari sekarang. Terkait kebutuhan anggaran, Sumedang siap melakukan cost sharing, sesuai dengan asumsi kebutuhan dan ketersediaan dana dari masing-masing anggaran," tutur Herman.

Herman menyebutkan, demi menyukseskan Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024, semua pihak tentunya harus bisa berkolaborasi untuk mendukung terhadap penyelenggaraan pemilihan sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

"Tentunya harus sukses, sukses tanpa ekses dan tanpa hambatan apapun," kata Herman.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/11/055100678/polemik-penundaan-pemilu-sumedang-tetap-fokus-persiapan-untuk-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke