Salin Artikel

Dosen dan Rektor Sepakat Negosiasi, Perkuliahan SBM ITB Kembali Normal Mulai Besok

BANDUNG, KOMPAS.com - Forum Dosen Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (FD SBM ITB) sepakat berhenti mogok mengajar. Untuk itu, perkuliahan SBM ITB berjalan normal mulai Selasa, 15 Maret 2022.

"(Dosen SBM ITB) sepakat tidak akan mogok mengajar," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto menyampaikan hasil pertemuan pimpinan ITB dengan dosen SBM ITB di Bandung, Senin (14/3/2022).

Selain itu, sambung Naomi, dalam pertemuan 2,5 jam tersebut disepakati, pimpinan ITB akan mendiskusikan lebih lanjut tentang pertemuan hari ini.

Negosiasi aturan

Sementara itu, Koordinator FD SBM ITB Jann Hidajat mengatakan, pihaknya bersama rektor sepakat akan menegosiasikan aturan-aturan yang telah dikeluarkan rektor agar menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Ada tiga aturan yang telah dikeluarkan rektor, yakni:

  • Peraturan Rektor Nomor 1165 Tahun 2021 tentang Standar Biaya,
  • Peraturan Rektor Nomor 1162 Tahun 2021 tentang Pencabutan Swakelola, dan
  • Peraturan Rektor Nomo 25620 Tahun 2021 tentang Tata Kelola.

Negosiasi tentang aturan-aturan tersebut akan dilaksanakan oleh tim kecil yang dilakukan FD SBM ITB dan Rektorat sebagai tim penyusun.

Negosiasi juga melibatkan perwakilan Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB (FOM SBM ITB), dan Ikatan Alumni SBM ITB (IA SBM ITB) sebagai penengah.

Dalam menegosiasikan aturan-aturan rektor, tim kecil akan mengacu pada SK Rektor Nomor 203/SK/K01/KP/2003 tentang Pendirian Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Penyusunan aturan akan berlangsung hingga akhir Mei 2022.

"Selama proses negosiasi, sistem pengelolaan SBM ITB mengacu pada aturan lama yakni SK Rektor Nomor 203/SK/K01/KP/2003," kata Jann.

Dengan disepakatinya adanya negosiasi antara FD Dosen SBM ITB dan Rektor ITB, maka seluruh anggota FD SBM ITB berkomitmen untuk menjalankan proses pembelajaran dan pembimbingan kepada mahasiswa sesuai kondisi normal.

"Kami tegaskan besok mulai Selasa 15 Maret 2022, akan kuliah normal, selama negosiasi kita komitmen kuliah normal, selama sistem yang digunakan sistem lama," ujar Jann.

Pendiri SBM ITB Kuntoro Mangkusubroto menambahkan, pada rapat selama 2,5 jam antara SBM ITB dan Rektor ITB, FD SBM ITB menyampaikan negosiasi. Rektor secara lisan memyetujui negosiasi tersebut.

Negosiasi akan mulai Selasa (15/3/2022). FD SBM ITB dan Rektor ITB akan kembali bertemu Rektor ITB Reini Wirahadikusumah.

Berita sebelumnya, konfik antara dosen SBM dengan rektor ITB mengenai hak swakelola meruncing. Puncaknya saat dosen SBM ITB menghentikan perkuliahan hingga mahasiswa diminta belajar sendiri.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/14/145925178/dosen-dan-rektor-sepakat-negosiasi-perkuliahan-sbm-itb-kembali-normal-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke