Salin Artikel

Sidak Pasar Johar, Kapolres Karawang Pastikan Stok Minyak Goreng Aman

KARAWANG, KOMPAS.com - Kepala Polisi Resor (Kapolres) Karawang AKBP Aldi Subartono meminta masyarakat, khususnya pedagang untuk tidak menimbun minyak goreng. Pihaknya mengaku akan terus melakukan pengawasan.

"Kami imbau tidak melakukan penimbunan. Kami akan terus mengecek dan mengawasi," kata Aldi saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Johar Karawang, Selasa (15/3/2022).

Aldi menyebut sejauh ini belum menemukan adanya penimbunan minyak goreng di Karawang. Selain itu, stok minyak goreng juga dinilai masih aman dan tersedia di pasaran, misalnya di Pasar Johar dengan harga bervariasi.

Akan tetapi sebagai langkah antisipasi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan mengecek dan memonitor setiap hari agar tidak ada penimbunan. Hal ini demi distribusi minyak goreng di Karawang ini lancar sampai ke masyarakat.

"Untuk toko-toko atau retail modern juga sudah diimbau, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) mendatangi lapangan untuk pembelian minyak itu merata ke masyarakat," kata dia.

Selain Pasar Johar, sidak juga menyasar distributor minyak goreng di Jalan Wirasaba, Kecamatan Karawang Timur, PT Lumbung Sejajar Sejati.

Dari pengamatan saat masuk ke dalam untuk ketersediaan minyak goreng kemasan hanya sedikit, akan tetapi lebih banyak minyak goreng curah dalam jerigen dan drum.

Aldi juga menanyakan ketersediaan minyak goreng ke pemilik distributor tersebut. Dia meminta distributor ikut membantu menjaga kestabilan minyak goreng dengan memperketat penjualan ke agen-agen.

"Saya sampaikan distributor ketika masih punya stok agar didistribusikan kepada agen-agen atau toko yang selama ini menjadi langganan. Jangan menjual kepada ke agen, toko atau orang yang tiba-tiba bukan langganan membeli," kata Aldi.

Aldi juga meminta distributor tidak sembarangan menjual ke agen atau toko yang sudah berlangganan, agar tidak ada potensi penimbunan minyak goreng tersebut.

"Tujuannya menghindari penimbunan, dibatasi dari distribusi ini sudah punya agen-agen yang menjadi langganam PT (perseroan terbatas) ini," ujar dia.

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/15/175515278/sidak-pasar-johar-kapolres-karawang-pastikan-stok-minyak-goreng-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke