Salin Artikel

Ulah Nakal Oknum BPK Jabar, Peras RSUD dan Puskesmas di Kabupaten Bekasi, Berujung Terjaring OTT

KOMPAS.com - Dua pegawai Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat (Jabar) diduga memeras Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin dan 17 puskesmas di Kabupaten Bekasi.

Aksi dua oknum tersebut berujung dengan terjaringnya mereka dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi.

Kedua orang berinisial AMR dan F itu diamankan di kantor Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPKD) Kabupaten Bekasi, Jabar, Rabu (30/3/2022).

Kajati Jabar Asep N. Mulyana mengatakan, keduanya diduga memeras dengan dalih pemeriksaan terhdap RSUD di Bekasi hingga puskesmas.

"Dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh kedua orang oknum BPK Perwakilan Jawa Barat tersebut dalam melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan Kabupaten Bekasi Tahun 2021 pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi," ujarnya, Rabu.

"Yang diminta kurang lebih Rp 500 juta (untuk) rumah sakit. Dan masing-masing puskesmas diminta Rp 20 juta per Puskesmas," ucapnya, Kamis (31/3/2022).

Asep menerangkan, modus AMR dan F melakukan pemerasan yakni menyampaikan ada temuan masalah terkait laporan pertanggungjawaban. Jika tidak memberikan uang, mereka akan mengungkapnya.

"Jadi modusnya, dia (pelaku) menyampaikan ada temuan dan akan menegokan (untuk menyelesaikan masalah). Kalau tidak memberikan uang dengan jumlah tertentu, maka akan diungkap," jelasnya.

Akibat ancaman itu, sejumlah staf rumah sakit sampai meminjam uang ke bank.

"Ketika RS tidak mampu (membayar Rp 500 juta), ada sejumlah staf yang meminjam uang di salah satu bank. (Akhirnya RS) menyerahkan Rp 100 juta itu," ungkapnya.

Saat ini, dua auditor BPK itu masih dimintai keterangan kasus dugaan pemerasan tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bandung, Agie Permadi | Editor: Gloria Setyvani Putri)

https://bandung.kompas.com/read/2022/03/31/180800578/ulah-nakal-oknum-bpk-jabar-peras-rsud-dan-puskesmas-di-kabupaten-bekasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke