Salin Artikel

131 Rumah di Perkotaan Garut Rusak akibat Puting Beliung

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan, ke-131 rumah tersebut tersebar di tujuh RW Kelurahan Ciwalen.

Dikutip dari Antara, Senin (4/4/2022), tingkat kerusakan ratusan rumah tersebut bervariasi. Namun kebanyakan rumah mengalami rusak ringan seperti genting terlepas dan atap rusak.

Satria menambahkan, ada dua rumah yang atapnya runtuh karena struktur bangunan sudah tua dan tidak mampu menahan beban genting saat terjadi hujan deras dan angin kencang.

"Ada dua rumah warga yang rusak berat, karena rumahnya sudah tua akibat beban genting atau struktur bangunan sudah tidak kuat akhirnya roboh," kata Satria.

Sementara itu, saat ini warga yang rumahnya rusak sudah melakukan evakuasi mandiri dan tinggal di rumah saudara atau tetangga sambil menunggu perbaikan bagian atap dan pemasangan genting secara gotong royong.

"Ada yang evakuasi mandiri, tinggal di rumah tetangganya, tapi tidak lama, malamnya sudah beres menutup atap dengan terpal, atau dengan sisa genting," katanya.

Dampak cuaca ekstrem yang menerjang Kabupaten Garut itu, kata Satria, tidak menimbulkan korban jiwa.

Saat kejadian, warga berupaya menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman dari terjangan angin kencang.

Satria berkata, BPBD Garut telah melakukan koordinasi dengan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Garut untuk perbaikan atap atau pengadaan genting yang dibutuhkan masyarakat.

Sedangkan rumah rusak berat, kata dia, sudah masuk dalam rencana program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) dari pemerintah daerah pada tahun anggaran 2022.

"Kalau yang dua rumah itu dapat rutilahu, sekarang sedang menunggu bantuan rutilahu," katanya.

Bencana angin puting beliung melanda Kabupaten Garut pada Sabtu (2/4/2022), kemudian pada Minggu (3/4/2022) puting beliung kembali terjadi dan menerjang kawasan perkotaan Garut.

Selain merusak rumah warga, angin tersebut telah merusak sejumlah papan reklame atau baliho yang terpasang di kawasan pusat perbelanjaan Garut.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/04/162557078/131-rumah-di-perkotaan-garut-rusak-akibat-puting-beliung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke