Salin Artikel

Ini Alasan Haji Endang di Karawang Beli Pajero Sport Pakai Uang Receh dan Datang Kenakan Sandal Jepit

KOMPAS.com - Haji Endang yang memiliki nama lengkap Muhammad Endang Junaidi (62), warga Desa Anggadita, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tengah menjadi buah bibir.

Haji Endang membelikan sang istri mobil Pajero Sport dengan delapan kuintal uang koin receh Rp 500-an yang totalnya adalah Rp 133 juta.

"Mau beli mobil Pajero buat istri. Kebetulan kemarin habis ulang tahun, buat jalan-jalan dengan cucu. Kalau saya naik motor juga biasa," kata dia.

Kata Endang, yang dikenal sebagai pengusaha jembatan penyeberangan menggunakan perahu ponton di Dusun Rummabe di Desa Anggadita, Kecamatan Klari, uang receh tersebut dikumpulkan selama empat bulan.

"Yang saya bawa Rp 200 ribu. Sisanya pakai mobil bak dibungkus kardus," kata Endang, Kamis.

Dirinya mengaku sengaja memilih berpakaian sederhana dan membawa uang receh untuk tahu apakah dilayani dengan baik oleh pihak showroom.

"Awalnya saya ingin mencoba dilayani dengan baik gak dengan penampilan seperti ini dan uang receh. Ternyata baik-baik salesnya di sini," kata Endang di Srikandi Diamond Motors, Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis.

Namun, Customer Service Officer Srikandi Diamond Motors, Tata Wartasasmita mengatakan, dirinya sudah mengenal Endang sebagai sosok pengusaha jembatan penyeberangan.

Pihaknya pun tak mempermasalahkan konsumen yang membawa uang receh untuk membeli mobil.

"Kami welcome banget. Kami justru bangga debgan kepercayaan beliau meskipun dalam tanda kutip bayarnya pakai receh, itu adalah nilai rupiah yang kita cintai, tidak masalah," kata Tata.

Seperti diberitakan sebelumnya, butuh lima orang staf dan memakan waktu satu jam untuk menghitung uang pecahan yang dibawa Haji Endang dengan total Rp 133 juta.

Mobil yang dipilih Endang adalah Pajero Sport warna hitam dengan harga sekitar Rp 600 jutaan untuk istrinya itu. 

(Penulis : Kontributor Karawang, Farida Farhan | Editor : I Kadek Wira Aditya)

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/08/130859378/ini-alasan-haji-endang-di-karawang-beli-pajero-sport-pakai-uang-receh-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke