Salin Artikel

Ridwan Kamil Targetkan Himpun Rp 1,6 Triliun dari Zakat untuk Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Jabar

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menargetkan bisa menghimpun dana Rp 1,6 triliun dari zakat.

Hal itu ia sampaikan usai membayar zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/4/2022).

"Potensi zakat di Jabar itu sekitar Rp 30 triliun. Sehingga dari target Baznas Jabar Rp 746 miliar kita targetkan mudah-mudahan dalam waktu jangka pendek dapat tercapai Rp 1,6 triliun. Semoga warga Jabar bisa soleh dan mencapai target," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Menurut Emil, dengan potensi yang besar, dana zakat sangat penting untuk membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan ekstrem di Jabar.

Ia pun meminta Baznas menggandeng lembaga amil zakat lainnya bersama-sama menanggulangi kemiskinan ekstrem di tahun 2022 dan 2023.   

"Khusus di Jawa Barat, kita ada empat level kemiskinan, tiga teratas alhamdulillah membaik. Tetapi kemiskinan ekstrem perlu mendapatkan perhatian. Oleh karena itu arahan saya agar Baznas Jabar dan Kota/Kabupaten, juga lembaga amil zakat bergotong-royong mengeroyok sisi segmentasi kemiskinan ekstrem di tahun 2022 dan 2023," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Jabar Anang Jauharrudin menargetkan menargetkan bisa mengumpulkan Rp 1,6 triliun zakat dari masyarakat Jabar.

"Total penghimpunan Baznas se-Jabar tahun 2021 sebanyak Rp 726 Miliar. Untuk mencapai target tahun ini, Baznas RI menugaskan dapat dicapai Rp 1,6 triliun se-Jabar,"  tuturnya.

Untuk menyiasati hal itu, Baznas Jabar akan bergerak cepat melalui kerja sama dengan berbagai pihak. 

"Sesuai arahan Bapak Gubernur kami dituntut berkolaborasi dan berinovasi," ujarnya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/12/153543878/ridwan-kamil-targetkan-himpun-rp-16-triliun-dari-zakat-untuk-pengentasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke