Salin Artikel

Jelang Mudik, Dinkes Kota Tasikmalaya Adakan Vaksin Booster Malam Hari di Masjid dan Swalayan

TASIKKALAYA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terus menggelar vaksinasi ketiga atau booster di Masjid Agung dan beberapa swalayan.

Langkah itu demi melayani masyarakat yang hendak mudik dengan syarat telah divaksin Covid-19 dosis ketiga.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Asep Hendra mengatakan, upaya vaksinasi malam hari terus dilakukan menjelang arus mudik Lebaran 2022.

Asep mengatakan, masyarakat juga dapat memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua dalam gelaran tersebut.

"Selain di masjid Agung, vaksinasi malam hari juga dilakukan di sejumlah swalayan. Jadi memang untuk hari libur, kami lakukan vaksinasi lebih ke Mal. Karena kami sudah pantau, malam libur itu masjid kosong. Mangkanya kami buka (vaksin) di Mal," tambahnya.

Sampai saat ini, lanjut Asep, Kota Tasikmalaya masih tertahan di PPKM Level 2.

Hal ini karena proses pelacakan dan tes Covid-19 yang sudah mulai berkurang, apalagi warga yang sudah divaksin dosis ketiga tak perlu melakukan tes swab jika bepergian.

"Kami itu testing per hari minimal 80 orang. Namun, itu belum terpenuhi. Kalau indikator lain sudah bagus. Vaksinasi, kasus, dan BOR (bad occupancy rate) bagus. Hanya tinggal tracing dan testing. Karena kan sekarang juga kalau sudah booster tak perlu tes swab. Jadi kan orang lebih memilih booster," pungkasnya.

Seperti rilis Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya lewat laman Instagram Diskominfo Kota Tasikmalaya pada Selasa (19/4/2022), tercatat capaian vaksin dosis kesatu sudah 100,36 persen, dosis kedua mencapai 78,29 persen dan dosis ketiga alias booster baru mencapai 16,29 persen.

Jumlah persentase capaian vaksinasi ketiga dosis tersebut dari jumlah sasaran masyarakat di Kota Tasikmalaya sebanyak 560.243 orang selama ini.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/19/190409478/jelang-mudik-dinkes-kota-tasikmalaya-adakan-vaksin-booster-malam-hari-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke