Salin Artikel

Update Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran di Bandung, Daging Sapi dan Cabai Merah Naik

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung (Disdsgin), Elly Wasliah mengatakan, sejumlah komoditas mengalami kenaikan jelang Lebaran.

Seperti daging sapi naik menjadi Rp 140.000-160.000 per kilogram. Sedangkan cabai merah keriting di kisaran Rp 38.000-60.000 per kilogram.

Begitupun dengan cabai merah tanjung naik di kisaran Rp 45.000-80.000 per kilogram.

"Itu saja yang naik komoditas, untuk lainnya relatif stabil beras, ayam, telur tidak ada kenaikan," tutur Elly dalam rilisnya, Senin (25/4/2022).

Menurut dia, puncak belanja pada bahan pokok terjadi minggu lalu, sehingga kali ini relatif stabil. Stok pun aman.

"Karena hari Sabtu dan Minggu (lalu) puncak belanja. Karena sudah pada mudik," ujarnya.

Elly menyampaikan, untuk harga daging ayam sekitar Rp 39.000-40.000 per kilogram. Sementara cabai rawit turun dari Rp 46.000 menjadi Rp 40.000 per kilogram.

"Saya menilai daya beli meningkat sehingga ekonomi membaik," ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, jelang lebaran permintaan kebutuan pokok memang mengalami peningkatan.

"Momen ini menghadapi lebaran memang permintaan meningkat. Soal cabai, karena masih musim hujan seperti biasa barang mudah rusak berpengaruh terhadap produksi dan kualitas. Di satu sisi permintaan meningkat, produksi turun," bebernya.

Terkait dengan pemotongan hewan, Gin Gin mengungkapkan, menghadapi lebaran biasanya terdapat pemotongan sekitar 60-70 ekor. Namun saat ini baru mencapai 40 ekor saja.

"Biasa kondisi normal itu 60- 70 ekor tapi kali ini 40 ekor. Karena mereka potong berdasarkan jumlah permintaan. Selama ada, itu dikeluarkan dan dipotong," ucap dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menjamin stok Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) menjelang lebaran atau Idulfitri 1443 Hijriah aman.

Ia pun menginstruksikan dinas terkait untuk menjaga agar stok tetap aman dan harga tetap terjangkau.

"Dipersiapkan sehingga stoknya aman. Harga juga kalau bisa wajar. Konsumen juga harus berbelanja secukupnya," imbaunya.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/25/132440078/update-harga-kebutuhan-pokok-jelang-lebaran-di-bandung-daging-sapi-dan-cabai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke