Salin Artikel

Kawasan Puncak Cianjur Jadi Jalur Mudik Lebaran, Ini Daerah Rawan Longsor dan Pohon Tumbang

CIANJUR, KOMPAS.com - Jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, menjadi salah satu jalur pilihan para pemudik dari wilayah Jabodetabek pada Lebaran tahun ini.

Volume kendaraan pemudik dari arah Bogor pun mulai meningkat sejak Senin (25/4/2022), yang didominasi pengendara roda dua atau sepeda motor.

Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo mengingatkan pengendara soal kondisi cuaca di jalur tersebut.

Rudi mengatakan, saat ini intensitas hujan dengan angin kencang di kawasan Puncak masih tinggi. Oleh karena itu, ada beberapa titik di jalur Puncak rawan bencana longsor.

"Di kawasan Ciloto ada beberapa yang rawan longsor, termasuk di daerah Cibeureum," kata Rudi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Selain rawan longsor, Rudi menyebutkan, beberapa spot juga rawan pohon tumbang, seperti di sepanjang kawasan Cugenang.

"Kita imbau untuk tidak berkendara dulu jika kondisi hujan lebat disertai angin, apalagi jika jangkauan pandangan pendek. Sebaiknya menepi dulu di tempat aman," ujar dia.

Rudi menuturkan, intensitas curah hujan disertai angin kencang masih tinggi hingga beberapa hari ke depan di beberapa wilayah di Cianjur.

BPBD Cianjur sendiri telah menyiagakan para relawan tanggap bencana (Retana) di wilayah masing-masing guna mengantisipasi dan mendeteksi potensi bencana.

"Status Cianjur masih ya siaga bencana hidrometeorologi hingga pertengahan Mei mendatang. Jadi, kewaspadaan dan kehati-hatian perlu ditingkatkan," ujar Rudi.

Sebelumnya, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan menyebutkan, sebanyak 1.400 personel gabungan disiagakan dan disebar di 12 pengamanan, sembilan pos layanan, dan satu pos terpadu.

Rekayasa lalu lintas termasuk pemberlakuan sistem ganjil genap akan diberlakukan secara situasional di jalur-jalur mudik, terutama di kawasan Puncak.

https://bandung.kompas.com/read/2022/04/26/074214378/kawasan-puncak-cianjur-jadi-jalur-mudik-lebaran-ini-daerah-rawan-longsor-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke